Bagian ke3
Murid-Murid Imam Al-Adeni
Pembahasan tentang para ulama dan pelajar yang belajar kepada Imam Al-Adeni atau hanya sekedar mengambil berkah atau orang-orang yang khidmah kepada beliau baik mereka yang berasal dari kota-kota di Yaman ataupun dari luar Yaman adalah sangat panjang sekali, namun penulis akan menyebutkan beberapa orang dari ulama yang pernah menimba kepada Imam AL-Adeni.
1. Syeh Abdurrahman bin Ali bin Abu Bakar
Assakran
Syeh Abdurrahman bin Ali adalah putra pamannya Imam Al-Adeni Syeh Ali bin Abu Bakar Assakran, beliau dilahirkan di Tarim pada tahun 850 H, hafal Qur'an dan tumbuh dewasa sebagaimana tumbuhnya orang-orang shaleh dan dalam keluarga yang shaleh serta lingkungan shaleh juga, suatu factor penting dalam membentuk pribadi yang siap menerima dan menjalankan segala perintah Allah dan melakukan mujahadah serta pembersihan jiwa dari segala kotoran batin dengan bimbingan dari para ulama besar pada zaman itu.
Sehinga sebagaimana telah disebutkan dalam biografi Imam Al-Adeni bahwa diantara mujahadahnya adalah setiap malam Imam Al-Adeni bersa putra pamannya Syeh Abdurrahman bin Ali pergi ke pinggiran kota Tarim dan melakukan shalat malam dengan membaca 10 juz daripada Al-qur'an, mereka melakukan hal tersebut hingga menjelang datangnya waktu shalat fajar, apabila tiba waktu shalat maka mereka berdua kembali ke Tarim untuk menunaikan shalat berjamaah di masjid dengan Imam Alidrus, begitulah hubungan keduanya dari sejak belia sudah begitu eratnya dan demikian seterusnya hingga keduanya menjadi orang yang mempunyai kedudukan dan ilmu yang tinggi.
Dalam permulaan belajarnya Syeh Abdurrahman memulainya dengan ayahandanya Syeh Ali bin Abu Bakar Assakran, dari ayahnya Syeh Ali mempelajari berbagai kitab dalam berbagai macam bidang ilmu, terutama kitab Ihya Ulumuddin, hingga diriwayatkan bahwa beliau menamatkan Ihya dengan ayahya sebanyak 40 kali.
Selain menimba ilmu dari sang ayah Syeh Abdurrahman juga belajar kepada ulama-ulama Hadhramaut pada zaman itu, dan kebanyakan dari guru Imam AL-Adeni adalah guru Syeh Abdurrahman juga terutama para ulama yang mereka temui di tengah-tengah perjalanan ke tanah suci Mekah.
Setelah Imam Al-Adeni menetap di Aden, hubungan keduanya tetap erat hal tersebut bisa terbukti dengan saling kirim surat antara Syeh Abdurrahman dan Imam Al-Adeni, yang akan disebutkan dalam pembahasan kumpulan surat-surat Imam Al-Adeni insyaAllah.
2. Syeh Umar bin Abdullah Alidrus
Dilahirkan tahun 926 H, meninggal dunia pada bulan Muharam tahun 1000 H dan dimakamkan disamping makam Imam Abu Bakar Al-Adeni dalam qubah.
Syeh Umar menimba ilmu dari Imam Al-Adeni secara sempurna dan setelah itu dinikahkan oleh Imam Al-Adeni dengan putrinya yang bernama Syarifah Muznah.
Selain terkenal dengan keilmuannya Syeh Umar juga dikenal oleh masyarakat sebagai dermawan, orang yang sangat bijak, dan sangat rajin beribadah, dan sangat tawadu', dikisahkan pada suatu majlis ada seorang yang membaca syair yang berisi pujian terhadap Syeh Umar, maka seketika itu beliau menyuruh orang itu untuk keluar dari majlis. Syeh Umar memegang masjid dan menjadi imam di masjid peninggalan kakeknya setelah saudaranya Muhammad bin Abdullah meninggal dunia di Mekah pada tahun 978 H.
Dari Syeh Umar inilah tersebar keturunan Imam Al-Adeni karena selain putrinya yang menikah dengan Syeh Umar Imam Al-Adeni tidak memiliki keturunan lagi.
3. As-Syeh Syeh bin Abdullah Alidrus
Diantara murid Imam Al-Adeni adalah Syeh bin Abdullah Alidrus adik Imam Al-Adeni, dilahirkan di Tarim dan tumbuh besar disana dalam bimbingan ayah serta pamannya dan ulama pada zaman itu, ketika usianya menginjak 14 tahun dipinta oleh Imam Al-Adeni untuk tinggal di Aden guna menuntut ilmu pada ulama disana, setelah selesai menghafal Al-qur'an pada Syeh Abdurrazaq Al-Khatib, Syeh bin Abdullah diizinkan untuk pergi ke Tarim oleh Imam Al-Adeni dan menetap disana selama 5 tahun lamanya, kemudian kembali lagi ke Aden dan menimba ilmu dari sang kakak Imam Al-Adeni, dengan giat dan sungguh-sungguh Syeh bin Abdullah menuntut berbagai macam ilmu dari Imam Al-Adeni hingga tiba saatnya Imam Al-Adeni dipanggil oleh Yang Maha Kuasa, setelah sang guru wafat Syeh bin Abdullah pun kemudian kembali lagi ke Tarim.
Diantara wasiat Imam Al-Adeni kepada Syeh bin Abdullah adalah wasiat yang ditulis oleh Imam Al-Adeni kepada Syeh yang berbunyi : "Jangan sekali-kali megurusi hal yang tidak bermanfaat, dan jangan gembira dengan pangkat dan kekuasaan dan berkatalah : Wahai raja pada hari kiamat hanya kepadaMu aku menyembah dan hanya kepadaMu aku meminta pertolongan".
Syeh bin Abdullah Alidrus meninggal dunia pada awal bulan Muharam tahun 919 H, dan dimakamkan di kota kelahirannya Tarim.
4. Syeh Alhusain bin Abdullah Alidrus
Diantara murid Imam Al-Adeni adalah adiknya Syeh Alhuasin bin Abdullah Alidrus, dilahirkan di Tarim pada tahun 861 H, hafal Qur'an dalam usia anak-anak dan tumbuh besar dalam bimbingan sang ayah Imam Abdullah Alidrus serta para ulama pada zaman itu, dalam fiqih Syeh Alhuasin belajar kepada Syeh Alfaqih Abdullah bin Ahmad Bakatsir, Alqodli Ibrahim bin Dzahiroh, Syeh Alfaqih Muhammad bin Abdurrahman Al-Asyqo' dan Syeh Alallamah Alfaqih Abdul Hadi Assudi sebelum beliau mazdub, setelah usianya menginjak dewasa Syeh Alhusain pergi ke Mekah guna menuntut ilmu dari para ulama disana, dan menetap disana selama 2 tahun, kemudian kembali lagi ke Tarim dan menetap disana.
Syeh Alhuasin selain terkenal dengan kedalaman ilmunya terutama dalam bidang ilmu falak dan qiroah, beliau juga dikenal sebagai seorang dermawan, bahkan Imam Al-Adeni mengatakan bahwa Syeh Alhusain lebih dermawan daripadaku, ketika ditanya apa sebabnya? Imam Al-Adeni menjawab, karena Syeh Alhusain menafkahkan hartanya dalam keadaan sulit sedangkan aku menafkahkan hartaku dalam keadaan cukup, karena itu dia lebih dermawan dariku.
Syeh Alhuasin meninggal dunia di Tarim pada tanggal 16 Muharam tahun 917 H. tentang Syeh Alhuasian seorang penyair berkata :
إن الحسينتواترتأخباره في فضلهعنسادةفضلاء
غيث يسحعلىالعفاةسحابه سحا إذاشحتيدالأنواء
تال لآثارالنبيمحمد متمسكبالسنةالبيضاء
ورث المكارموالعلىعنسادة ورثواعنالأسلافوالآباء
5. Syeh Abdullah bin Syeh bin Abdullah Alidrus
Diantara murid Imam Al-Adeni adalah Syeh Abdullah bin Syeh, dia dilahirkan di lembah Damun dengan di hadiri oleh Imam Al-Adeni, ketika Syeh Abdullah lahir Imam Al-Adeni mengadzaninya di kuping kanan dan memabacakan komat dikuping kirinya sesuai tuntunan sunnah Rasul Saw, setelah itu menyuapinya dengan kurma, dan berkata kepada saudaranya Syeh bin Abdullah Alidrus : "Anak ini adalah anakku dan yang akan mewarisiku maka jagalah dia nisacaya kamu akan di jaga oleh Allah SWT".
Syeh Abdullah bin Syeh dilahirkan pada tahun 787 H, semenjak kecil beliau sudah mendapatkan bimbingan dan ajaran dari para ulama pada zaman itu, terutama dari ayahnya dan pamannya Syeh Alhusain bin Abdullah Alidrus, ketika umurnya menginjak 14 tahun datanglah surat dari Imam Al-Adeni kepada Assyeh Syeh bin Abdullah yang isinya meminta saudaranya itu mengirimkan putranya ke Aden guna menuntut ilmu disana, maka sesuai permintaan Imam Al-Adeni diutuslah Syeh Abdullah bin Syeh ke Aden, tiba di Aden Syeh Abdullah disambut dengan gembira oleh Imam Al-Adeni dan beliau memerintahkan Syeh Ashaleh Abdurraziq Al-Khatib untuk mengajari Syeh Abdullah Al-qur'an dan menghafalnya, dan setiap hari menyetorkan hafalannya kepada Imam Al-Adeni hingga selesai menghafal seluruh Qur'an.
Setelah 2 tahun lamanya tinggal dalam asuhan dan bimbingan Imam Al-Adeni Syeh Abdullah bin Syeh akhirnya kembali ke Tarim dan tinggal disana selama 5 tahun dan kemudian kembali lagi ke Aden untuk meneruskan menuntut ilmu kepada pamannya Imam Al-Adeni, dan seterusnya menetap disana menuntut ilmu hingga wafatnya Imam Al-Adeni bahkan ketika wafat Imam Al-Adeni berada dalam pangkuan Syeh Abdullah.
Sepeninggal Imam Al-Adeni, Syeh Abdullah kembali ke Tarim kemudian menikah dan menetap disana, hingga pada tahun 917 H beliau diundang untuk datang ke Aden oleh saudara sepupunya Syeh Ahmad bin Abu Bakar, maka bertolaklah beliau menuju kesana guna memenuhi undangan tersebut, setibanya disana beliau disambut gembira oleh Syeh Ahmad dan menetap beberapa waktu lamanya di Aden dan kemudian kembali lagi ke Tarim.
Setelah Syeh Ahmad bin Abu Bakar meninggal dunia (Thn 922 H) Syeh Abdullah bin Syeh pergi ke India, disana beliau mendapat sambutan baik dari penguasa India pada masa itu Sultan Madzhar bin Mahmud, dari sana beliau kembali ke Tarim dan kemudian bertolak ke Aden pada masa kekuasaan Pangeran Marjan, maka semenjak itu beliau terjun dalam penyebaran dakwah dan mengajar masyarakat disana, hingga selanjutnya beliau pulang pergi antara Hadhramaut dan Aden.
Pada masa kekuasaan Syeh Abdul Malik bin Thahir tahun 927 H, Syeh Abdullah menetap lagi di Aden selama 9 tahun, kemudian kembali ke Tarim, pada tahun 937 H, Syeh Abdullah berniat melakukan ibadah Haji, maka berangkatlah beliau menuju tanah suci Mekah, namun sebelumnya beliau singgah dulu di Aden yang pada waktu ada dalam kekuasaan Sultan Amir bin Daud, kemudian pada tahun 938 Syeh Abdullah melanjutkan perjalanannya ke tanah suci Mekah guna menunaikan ibadah Haji, setelah menunaikan ibadah Haji dan ziarah ke Madinah beliau menetap di Mekah selama 1 tahun dan pada musim haji berikutnya beliau menunaikan ibadah Haji untuk yang kedua kalinya, dari Mekah beliau kembali ke Aden dengan menggunakan jalan laut dan menetap di Aden hingga tahun 943 H, kemudian beliau melanjutkan perjalanannya menuju kampung halaman Tarim dengan menggunakan jalan darat, dari Aden Syeh Abdullah menuju Khanfar dari Khanfar ke Abyan dan disana beliau ziarah Syeh Ibnu Abilja'di, dari sana dilanjutkan ke kampung Masjid yang kemudian dikenal dengan nama kampun Syeh Salim, dari sana kemudian menuju Ahwar, disana Syeh Abdullah ziarah kepada Syeh Ahmad Baljafar, dari Ahwar kemudian ke Maifaah, Gidun dan tiba di Tarim pada bulan Dzul hijjah tahun 943 H, dan selanjutnya beliau menetap di Tarim dipanggil Allah Yang Maha Kuasa pada tanggal 14 Sya'ban 944 H, Syeh Abdullah dimakamkan di pemakaman keluarga Baalawi di Tarim.
6. Syeh Ahmad Al-Musawa bin Abu Bakar Al-
Adeni
Beliau adalah penerus perjuangan Imam Abu Bakar dalam menyebarkan dakwah islamiah, dilahirkan di Tarim pada tahun 882 H, Syeh Ahmad Al-Musawa tumbuh besar di Tarim dalam naungan dan bimbingan para ulama disana, dan ayahnya Imam Al-Adeni selalu mengirim surat yang berisi dorongan kepada putranya agar bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, hal tersebut sebagaimana disebutkan oleh Imam Al-Haddad dalam "Kumpulan surat menyuratnya" : seperti yang aku lihat sebelumnya dalam surat yang ditulis oleh guruku Syeh Abu Bakar Al-Adeni kepada putranya Syeh Ahmad ketika dia masih berada di Tarim yang berisi perintah untuk belajar ilmu nahwu kepada Alfaqih Syeh Abdullah bin Abdurrahman Balhaj Bafadhol.
Kemudian beliua hijrah ke Aden mengikuti sang ayah Imam Al-Adeni, untuk khidmah kepada kedua orang tua dan menuntut ilmu dari sang ayah dan para ulama di Aden. Setelah beliau menguasai ilmu pengetahuan serta mendapatkan ijazah dari sang guru, kemudian atas permintaan dari sultan Nashiruddin Alhalwani pengauasa Zaila', Imam Al-Adeni mengutus Syeh Ahmad Al-Musawa ke Zaila' guna menyebarkan dakwah islamiah disana, antara Imam Al-Adeni dan Sultan Nashiruddin sering saling berkirim surat dan Imam Al-Adeni seringkali mengisyaratkan kepada putranya dengan tanpa berlebihan, diantara pujian Imam Al-Adeni atas putranya Syeh Ahmad Al-Musawa sebagaimana disebutkan dalam salah satu Qasidah yang berbunyi :
و خصلناشهابالدينحقا فنعم القرمإنذكرالقروم
سلاما دائمافيكلحين لعلبحقهيومانقوم
إمام سيدحبرفريد وعندالغيظذوعفوكظوم
كريم الأصلمنسلفيمعد جزيل الحلمإنضاعتحلوم
له القدحالمعلىفيالمعالي وبحر مالهأحديعوم
يجيب دعاءهذوالعرشحقا ومننفثاتهتشفىالكلوم
له كفتلقفكلسقم عصاموسىالنبينعمالكليم
رعاه اللهمنولدبرير كلاهاللهماطلعتنجوم
أقر اللهعينيبالتملي برؤيتهوإنرغمالخصوم
وأبقانا الجميعبخيرعيش فجودإلهناجزلعميم
Dan ketika suatu saat Imam Al-Adeni terbelit hutang karena saking dermawannya beliau, ketika itulah Allah menggerakkan hati sultan Nashruddin Abdullah Al-Halwani untuk membayar hutang Imam Al-Adeni, maka sultan Nashruddin mengirim uang bersama Syeh Ahmad kepada Imam Al-Adeni, sesampainya Syeh Ahmad di Aden maka dipanggillah semua orang yang memiliki piutang kepada Imam Al-Adeni dan dibayarkan piutangnya tersebut.
Pada pertengahan Ramadlan Syeh Ahmad Al-Musawa kembali lagi ke Zaila' dan selanjutnya menetap disana hingga datanglah berita wafatnya sang ayah Imam Al-Adeni, setelah datangnya berita teresebut lalu Syeh Ahmad kemabli ke Aden dan menetaplah disana serta meneruskan perjuangan Imam Al-Adeni dalam menyebarkan dakwah islamiayah serta menyantuni anak yatim dan fakir-miskin.
Syeh Bahraq dalam kitabnya "Mawahib Alquds" mengatakan bahwa setelah Imam Al-Adeni meninggal dunia Syeh Ahmad dimimpikan beliau menggendong ayahnya pada pundaknya, tetapi beliau tidak mau menakwilinya, adapun takwil daripada mimpi tersebut adalah Syeh ahmad sepeninggalnya Imam Al-Adeni akan menggantikan maqom ayahandanya di Aden serta kakeknya di Hadhramaut.
Pada pembahasan lain Syeh Bahraq mengatakan bahwa suatu ketika ada hal yang tercela yang dilakukan oleh salah seorang pengikut dan pembantunya Imam Al-Adeni, hal yang mungkin tidak bisa dimaafkan kecuali oleh orang-orang seperti Syeh Ahmad, namun karena aku takut orang tersebut akan mendapat murka dari Syeh Ahmad karena walau bagaimana beliau adalah manusia biasa, maka aku menghadap kepadanya dan memohon agar memaafkan orang tersebut, maka Syeh Ahmad berkata : Kami akan merawat dan menjaga hewan peninggalan ayah, apalagi pembantu dan para pengikut beliau.
Tentang Syeh Ahmad yang akan menggantikan maqom ayahnya Imam Abu Bakar Al-Adeni, hal tersebut telah diisyaratkan oleh Imam Al-Adeni dalam akhir kitabnya "Al-juz Al-latif", yaitu dengan memakaikan khirqoh syarifah dan mengizinkan untuk memakaikannya dengan sanad yang bersambung kepada para gurunya Imam Al-Adeni, hal tersebut terjadi pada hari Jum'at tanggal 5 bulan Syawal 894 H.
Syeh Ahmad Al-Musawa bin Abu Bakar meninggal dunia dalam usianya yang ke 64 tahun pada akhir bulan Muharam tahun 922 H di Aden, dan dimakamkan disamping kanan makam Imam Abu Bakar Al-Adeni.
Syeh Ahmad Al-Musawa dikaruniai dua orang putra namun kedua-duanya meninggal sebelumnya, maka beliau tidak mempunyai keturunan yang mewarisi.
7. Syeh Muhammad bin Umar Bahraq
Syeh Muhammad bin Umar Bahraq dilahirkan di Hadhramaut pada pertengahan Sya'ban tahun 869 H, tumbuh besar disana, hafal qur'an serta menguasai dasar-dasar ilmu bahasa Arab dan Syariat daripada ulama-ulama di Hadhramaut sseperti Syeh Alfaqih Muhammad bin Ahmad Bajarfil, setelah itu beliau pergi ke Aden, disana belajar kepada Syeh Abdullah bin Ahmad Bamakhromah dalam berbagai bidang ilmu, Fiqih, Usul Fiqh, Bahasa Arab dan sebagainya, sealain itu beliau juga belajar kepada Syeh Alfaqih Muhammad bin Ahmad Bafadhol.
Dari Aden Syeh Bahraq menuju kota Zabid, disana beliau belajar kepada para ulama besar di masa itu, seperti Alallamah Zainuddin Muhammad bin Abdullatif Assyarji, Alfaqih Jamaluddin bin Muhammad bin Abu Bakar Ad-dhai' dan Sayid Alhusain bin Abdurrahman Al-Ahdal, Sayid Husain inilah yang memakaikan Khirqoh kepadanya, disamping itu Syeh Muhammad Bahraq juga mempunyai sama' dari Al-Hafidz As-Sakhowi di Mekah, Syeh Umar selain dikenal dengan keilmuannya juga dikenal fasih dan mahir dalam ceramah dan syair, sedang dari segi budi pekertinya beliau dikenal bijak dan orang yang dermawan terutama kepada para penuntut ilmu.
Di Aden Syeh Umar Bahraq juga belajar kepada Imam Al-Adeni, dan beliau menulis kitab yang berisi tentang riwayat hidup Imam Al-Adeni dan diberi nama "Mawahib Alquds Fi manaqib Ibn Alidrus".
Sekembalinya ke Hadhramaut Syeh Umar Bahraq menjabat sebagi Qodli di kota Syihir, namun kemudian beliau mengundurkan diri dan kembali lagi ke Aden, disana beliau disambut hangat terutama oleh penguasa Aden masa itu Pangeran Marjan bin Abdullah Azzafiri, dan setelah Pangeran Marjan meninggal dunia Syeh Bahraq pergi menuju India, disana disambut ramah oleh penguasa India masa itu sultan Mudzofar bin Mahmud.
Syeh Umar Bahraq mempunyai hasil karya ilmiyah sebagaimana disebutkan dalam kitab "An-nur Assafir", sebagaimana juga mempunyai kumpulan sayair-syair yang sangat bagus, diantaranya syair yang beris pujian kepada Sultan Amir bin Abdul Wahab ketika membangun madrasah di Zabid, ada juga syair-syairnya yang berisi pujian atas Imam Al-Adeni dalam bentuk puisi nyanyian, seperti syair yang awalnya :
شابيح بالغرام كم ذاتستربعشقي
وارفعذااللثام أو خذنصيبيورزقي
Diantara karangan Syeh Bahraq yang berbentuk qasidah adalah kitab yang dinamai "Al-Urwah Al-Watsiqoh Filjam'I Baina Syariah Walhaqiqoh" dan syarahnya yang bernama "Alhadiqoh Al-Aniqoh", keduanya sudah dicetak.
Syeh Umar Bahraq meninggal dunia di Haidar Abad India pada tanggal 20 Sya'ban tahun 930 H, dan dimakamkan disana.
8. Syeh Alhusain bin Assiddiq Al-Ahdal
Al-allamah Alfaqih Badruddin Alhusain bin Assiddiq bin Alhusain bin Abdurrahman Al-Ahdal Al-Yamani, dilahirkan pada bulan Rabi at-tsani tahun 805 H, diperkampungan Abyat Huasin dan tumbuh besar disana, dari kecil Syeh Alhusain sudah menguasai berbagai macam ilmu pengetahuan terutama ilmu fiqh, beliau mendalami ilmu Fiqh kepada Syeh Alfaqih Abu Bakar bin Ma'yadh dan Syeh Abulqosim bin Umar bin Mutoyyar serta ulama besar lainnya.
Riwayat hidupnya secara detail serta guru-gurunya dikupas dalam "An-nur Assafir", pada tahun 872 Syeh Alhuasin pergi ke Tanah Suci Mekah guna menunaikan Ibadah Haji, setelah itu Syeh Alhusain bermukim di Mekah setahun lamanya menimba ilmu dari para ulama Mekah dan Madinah, dalam perjalanan pulang Syeh Alhusain singgah di Zabid dan belajar kepada Syeh Yahya Alamiri, dan ditangan Syeh Yahya inilah Syeh Alhusain menguasai Al-Minhaj, selain itu Syeh Alhusain juga belajar kepada Alhafiz Assakhowi sebagaimana disebutkan dalam "Ad-dhau Allami".
Kemudian beliau masuk ke kota Aden dan mukim disana, di kota Aden beliau menyebarkan ilmu dan dakwah islamiayh, diantara ulama yang menimba ilmu dari Syeh Alhusain adalah Syeh Alfaqih Muhammad Athahir bin Abdurrahman bin Abdurrahman bin Alqodli Muhammad bin Mas'ud Basykil.
Ketika pertama kali Imam Al-Adeni memasuki kota Aden dan kemudian mukim disana, Syeh Alhuasin sempat inkar terhadap keadaan Imam Al-Adeni, namun setelah Syeh Alhusaini mengetahui tentang Imam Al-Adeni yang sesungguhnya dan keluhuran ilmu dan budi pekertinya, Syeh Alhusaini pun akhirnya berbalik menghormati dan bersahabat dengan Imam Al-Adeni, bahkan Syeh Alhusain mempunyai beberapa gubahan syair yang berisi pujian kepada Imam Al-Adeni, diantara syair-syair tersebut adalah bait yang berbunyi :
من الحسانالخرد قدصادنيغرير يرمي بقوسحاجب
Syekh Alhusain meninggal dunia di Aden pada malam senin awal bulan Dzul qo'dah tahun 903 H, dimakamkan di Aden, tepatnya didepan masjid yang dinamai dengan namanya.
9. Syeh Muhammad bin Ahmad Bajarfil Ad-
Dauani
Dilahirkan pada hari senin tanggal 12 Rabi' Alawal tahun 820, masa mudanya dihabiskan dalam mencari ilmu dengan sungguh-sungguh dari para ulama besar dimasa itu, selain itu Syeh Muhammad Bajarfil semenjak muda sudah meniti tangga-tangga tasawuf hingga terlihatlah semua itu pada kehidupan sehari-harinya, kemudian beliau mendampingi Syeh Ali bin Abu Bakar Assakran sebagaimana benda dengan bayangannya, selama empat bulan lamanya Syeh Muhammad Bajarfil mendampingi Syeh Ali bin Abu Bakar dengan harapan dia akan mendengar dari Syeh Ali bin Abu Bakar perkataan "kamu adalah bagian dari kami (anggota keluarga)", sebagaimana dikatakan oleh Rasulullah SAW kepada sahabat Salamn Alfarisi, tetapi selama 4 bulan lamanya Syeh Muhammad Bajarfil menunggu dan meminta hal tersebut kepada Syeh Ali bin Abu Bakar namun beliau tidak juga bersedia, melihat kesungguh-sungguhan dan keinginan Syeh Muhammad Bajarfil yang begitu kuat, maka Syeh Ali bin Abu Bakar berkata kepada Syeh Muhammad Bajarfil :"Agama ini adalah nasihat, permintaan kamu itu tidak akan terpenuhi kecuali oleh Syeh Abu Bakar bin Abdullah, beliaulah Alqutub yang diwarisinya dari kecil semenjak ayahandanya meninggal dunia, dan aku akan menulis surat kepadanya supaya memenuhi keinginan kamu, maka Syeh Ali pun mengirimkan surat kepada Imam Abu Bakar Al-Adeni, begitu pula dengan Syeh Muhammad Bajarfil, dan akhirnya datanglah jawaban dari Imam Al-Adeni sesuai dengan harapan Syeh Muhammad Bajarfil.
Masa hidup Syeh Muhammad Bajarfil dihabiskan dalam menyebarkan ilmu pengetahuan dan dakwah islmiah, dan pada masa-masa akhir hayatnya beliau menetap di Gail Bawazir hingga dipanggil oleh Sang Pencipta pada bulan Rabi Awal tahun 903 H.
10. Syeh Jarullah bin Fahad
Adalah seorang ahli sejarah, al-allamah Syeh Jarullah Muhammad bin Abdul Aziz bin Umar bin Muhammad bin Muhammad bin Fahad Al-Hasyimi Almakki, dilahirkan di Mekah pada tahun 891 H, tumbuh besar dalam asuhan kedua orang tuanya, hafal Al-qur'an, dan belajar ilmu syariah, adapun dalam ilmu hadits Syeh Jarullah mengambilnya dari Syeh Alhafiz Assakhowi, Imam Thobari dan mendapatkan ijazah dari banyak ulama dinataranya Syeh Abdul Gani Annabulsi.
Selain menimba ilmu dari para ulama di Mekah Syeh Jarullah juga merantau ke Madinah Almunawaroh bersama ayahnya, dan menetap disana beberapa waktu lamanya, disana Syeh Jarullah menamatkan kutub assittah, dan kitab "As-syifa" didepan makom Rasulullah SAW kepada ayahnya, selain belajar kepada ayahandanya Syeh Jarullah juga belajar kepada ulama-ulama besar Madinah Munawaroh, diantaranya Syeh Sayid Assamahudi, darinya Syeh Jarullah mempelajari sebagian dari kitab "Assyifa", kitab sejarah "Wafaulwafa" dan Fatawa Assamahudi, selain itu Sayid Samahudi juga memakaikannya Khirqoh. Kemudian Syeh Jarullah bersama ayahandanya kemabalilagi ke Mekah dan melanjutkan belajarnya disana kepada para ulama di kota suci tersebut. Setelah menimba ilmu dari para ulama yang berada di kota mekah, Syeh Jarullah kemudian berkelana ke Mesir dan Syam untuk menuntut ilmu dari ulama disana, selanjutnya ke Yaman dan disana mendapatkan ijazah dari sejumlah ulama Yaman, dari sana Syeh Jarullah bertolak ke Roma dan menikah disana hingga dikarunia beberapa orang anak, kemudian kembali ke Mekah dan menyebarkan ilmu terutama ilmu hadits hingga meninggal dunia pada tahun 954 H. adapun pertemuan Syeh Jarullah dengan Imam Abu Bakar Al-Adeni sebagaimana dikisahakan oleh Syeh Bahraq dalam kitabnya "Mawab Alquds" adalah ketika Syeh Jarullah masuk ke Yaman, ketika itulah Syeh Jarullah mendapatkan ijazah dari Imam Abu Bakar Al-Adeni, oleh karena itu Syeh Bahraq dalam kitabnya tersebut menggolongkan Syeh Jarullah dalam ulama yang menjadi murid Imam Abu Bakar Al-Adeni.
11. Syeh Abdullah bin Abdullah Baqasyir
Diantara ulama yang menjadi murid Imam Abu Bakar Al-Adeni adalah Syeh Alallamah Alfaqih Abdullah bin Alfaqih Abdullah bin Alfaqih Al-Imam Muhammad bin Syeh Hakam Baqasyir Alhadhrami Assyafi'i.
Syeh Abdullah bin Abdullah Baqusyair dilahirkan di Hadhramaut, tumbuh besar disana dalam bimbingan kedua orang tuanya dan para ulama besar masa itu, hingga menjadilah seorang alim faqih yang mumpuni, Allah memberinya karunia dengan ilmu dan amal serta wara', Syeh Abdullah Baqasyir mempunyai hasil karya yang sangat penting, diantaranya kitabnya yang bernama "Qolaid Alkharaid Wafaraid alfawaid", juga kitab "Assa'adah Walkhair Fi manaqib sadah bani Qusair".
Syeh Abdullah bin Abdullah Baqasyir meninggal dunia di kampung Qosam distrik Alajaz pada tahun 958 H.
12. Syeh Syihabuddin Ahmad bin Ali Al-Halbi
Syeh Syihabudin merupakan salah satu ulama yang mendapatkan inayah dari Allah sehingga ditengah perjalanan hidupnya beliau berubah haluan, yang tadinya sibuk dengan perdagangan dan bepergian kemana-mana dalam rangka berniaga, dengan taufik dari Allah SWT, maka sisa-sisa hidupnya dihabiskan dalam mencari ilmu dan ibadah, hal tersebut sebagaimana disebutkan dalam kitab "Annur Assafir", berikut ini kisahnya : pada awal perjalanan hidupnya syeh Syihabuddin Ahmad bin Ali Al-halbi adalah seorang pedagang yang berhasil, namun kemudian haluan hidupnya berubah, beliau memilih jalan menuju Allah SWT, Syeh Syihabudin dikaruniai Allah tulisan yang bagus, hingga pada suatu ketika beliau bertemu dengan seorang laki-laki soleh di tempat sai', yang berkata kepada beliau : "pergilah, kamu telah aku beri tulisan yang bagus dan juga keberuntungan", maka pergilah Syeh Syihabudin menuju Aden, disana beliau bertemu dengan Imam Abu Bakar dan selanjutnya belajar dan mendampingi beliau selam 20 tahun lamanya, kemudian Imam Abu Bakar mengutus Syeh Syihabudin untuk pergi ke India dan menetap disana, maka sesuai petunjuk dari Imam Abu Bakar, Syeh Syihabudin pun menuju India dan menetap disana menyebarkan ilmu dan dakwah islamiyah di India hingga akhirnya meninggal di Haidar Abad pada tahun 951 H.
13. Syeh Muhammad bin Abdullah Alidrus
Beliau belajar kepada Imam Abu Bakar Al-Adeni dan kemudian meneruskan tongkat perjuangan dalam penyebaran ilmu dan dakwah di masjid Imam Al-Adeni setelah wafat putranya Syeh Ahmad Almusawa, kemudian beliau pergi ke Mekah dan meninggal disana pada tahun 978 H.
14. Syeh Abdulatif Bawazir
Syeh Abdulatif merupakan salah satu murid khusus Imam Al-Adeni, beliau mendampingi Imam Al-Adeni dalam semua majlisnya, bahkan kumpulan karya Imam Al-adeni yang bernama "Mahajatussalik wa hujjatunasik" Syeh Abdullatif lah yang mengumpulkannya dan menghafalnya, serta memberikan kalimat pembukaan dan biografi Imam Al-Adeni pada awal kitab tersebut, dan penulis pun menyadur sebagian adat dan ahwalnya Imam Al-Adeni dari Syeh Abdullatif Bawazir.
15. Syeh Jauhar bin Abdullah Al-Habsy
Dikatakan bahwa ada dua orang yang bernama Jauhar bin Abdullah, salah satunya adalah Syeh Jauhar bin Abdullah Al-Habsy murid Imam Abu Bakar Al-Adeni, adapun yang lainnya adalah Syeh Jauhar bin Abdullah dan hidup di zaman sebelum Imam Al-Adeni, Syeh Jauhar inilah yang dimakamkan di dekat masjid Jauhar yang terkenal di kota Aden di kampung Albashol (dulu), menurut ahli sejarah Syeh Jauhar ini tidak belajar kepada Imam Al-Adeni, tetapi dia meninggal dunia sekitar 280 tahun sebelum kedatangan Imam Al-Adeni di kota Aden.
Masalah timbul karena dua nama itu sama persis, namun kalau dicermati jelas bahwa Syeh Jauhar yang merupakan murid dari Imam Abu Bakar adalah Syeh Jauhar bin Abdullah yang dikenal dengan julukan Al-Habsy, adapun Syeh Jauhar lainya adalah Albaha, Jauhar bin Abdullah Al-adeni, hidup di masa raja Al mas'ud bin Aqyas bin Muhammad bin Abu Bakar bin Ayub, yang merupakan raja terakhir dari raja-raja bani Ayub di Yaman, Syeh Jauhari ini adalah bekas seorang budak yang di merdekakan, kemudian menjadi seorang pedagang kain, selain itu beliau dikenal mempunyai kepribadian yang bersih, terpercaya, dialah yang membangun masjid yang dikenal dengan namanya di kampong Jauhar di Aden.
Dari uraian diatas bisa disimpulkan bahwa pendapat yang mengatakan Syeh Jauhar sebagai hamba sahayanya Imam Al-Adeni adalah salah, karena Syeh Jauhari meninggal pada tahun 621 H, bertepatan dengan tahun 1228 M, dan Syeh Jauhari yang berguru kepada Imam Al-Adeni adalah Syeh Jauhari bin Abdullah yang dikenal dengan julukan Al-Habsy.
16. Syeh Abdul Alim Al-Hawaiji
Syeh Abdul Alim merupakan seorang murid dan penuntut ilmu yang ikhlas dan sungguh-sungguh dalam belajar kepada Imam Al-Adeni, Syeh Abdul Alim inilah yang menjadi penyebab Imam Al-Adeni menulis kitabnya yang berjudul "Al-Juz Allatif Fi Tahkim Assyarif", sebagaimana hikayat mengakatan bahwa Imam Al-Adeni mengangkat Syeh Abdul Alim sebagai Syeh dan memberinya ijazah serta tahkim, dan Syeh Al-Hawaiji meminta kepada Imam Al-Adeni agar mengajarinya cara tahkim dan memberikan ijazah, maka sebagai jawaban dari permintaan tersebut Imam Al-Adeni menulis kitab tersebut.
17. Syeh Abdullah bin Ahmad Bakatsir (mukim
di Mekah)
Syeh Abdullah Bakatsir dilahirkan di Tarim, tumbuh besar disana dalam lingkungan ilmu serta bimbingan dari para ulama besar di masa itu, dia termasuk murid Imam Al-Adeni yang belajar kepadanya dalam dua masa, yaitu masa Imam Al-Adeni di Tarim dan di Aden, selain belajar kepada Imam Al-Adeni Syeh Abdullah Bakatsir juga belajar kepada putranya, kemudian hijrah ke Mekah dan mukim disana, Syeh Bakatsir sangat memperhatikan kepada jamaah dari Hadhramaut yang dating ke Mekah untuk melaksanakan ibadah haji.
Syeh Abdullah Bakatsir meninggal dunia di Mekah dan dimakamkan disana pada malam sabtu tanggal 13 Rabi' Tsani tahun 925 H.
18. Syeh Nu'man bin Muhammad Almahdi
Tentang riwayat Syeh Nu'man dan hubungannya dengan Imam Abu Bakar Al-Adeni dikupas dalam kitab "Aliqdu Annabawi" disebutkan dalam kitab tersebut yang ringkasanya sebagai berikut : pada suatu ketika Syeh Nu'man sedang dalam perjalanan dengan menaiki kapal laut, dan kemudian kapal yang beliau naiki terjadi kebocoran yang diayakini akan menyebabkan tenggelamnya kapal, kemudian Syeh Nu'man didatangi rasa kantuk dan tertidur sebentar, dalam tidurnya itu beliau bermimpi didatangi oleh Imam Al-Adeni dan beliau membawa sehelai sapu tangan yang kemudian dijadikannya sebagai penambal kebocoran kapal tersebut, dan ketika Syeh Nu'man terbanguna dari tidurnya maka beliau sadar bahawa yang dimimpikannya tadi adalah suatu hal yang nyata.
19. Syeh Muhammad Athohthowi Almakki
Sebagaimana disebutkan oleh Sayid Abdurrahman bin Mustafa Alidrus dalam kitab "Syarah Qosidah Haat Ya Haadi" halaman 98, Syeh Muhammad Almakki merupakan salah satu ulama yang berguru kepada Imam Abu Bakar Al-Adeni.
20. Pangeran Marjan bin Abdullah Adzafiri
Pangeran Marjan bin Abdullah adalah mantan pembantu raja Zafir, sultan Amir bin Abdul Wahab yang kemudian menjabat sebagai sultan setelah wafatnya sultan Amir bin Abdul Wahab, dalam menjelankan tugasnya sebagai raja pangeran Marjan dikenal sebagai raja yang tegas dalam memerintah kerajaannya, dia termasuk salah satu penguasa yang mempunyai hubungan dekat dengan Imam Al-Adeni.
Beberapa pengarang buku biograpi menyadur tentang karomah-karomah Imam Al-Adeni yang terjadi di hadapan pangerana Marjan, terutama karomah-karomah yang terjadi di sela-sela peperangan yang diarunginya bersama majikannya sultan Amir bin Abdul Wahab, syeh Bahraq dalam "Mawahib al-Quds" mengatakan bahwa pangeran Marjan pernah berkata : "kalau kamu menginginkan aku mendiktekan tentang karomahnya Imam Al-Adeni dan menjadikannya sebuah kitab yang besar maka aku sanggup mendiktekannya".
Setelah pangeran menjabat sebagai penguasa zafir, selain tegas dalam memerintah, perkataan pengeran Marjan sangat di taati oleh semua golongan bahkan oleh keluarga raja dalam kerajaan Athahiriah yang menjadi penguasa zaman itu, bahkan penduduk daerah pegunungan Taiz dan sekitarnya tidak mau tunduk kepada siapapun dari keluarga raja Athahiriah kecuali atas persetujuan pengeran Marjan di Aden.
Disebutkan dalam "Mawahib alquds" halaman 148, bahwa pada tahun 926 H, pangeran Marjan bersama Syarif Abdullah bin Syeh bin Abdullah bin Abu Bakar Alidrus dan Hilal bekas hamba sayahanya Imam Al-Adeni yang kemudian menjadi juru rawat makam Imam Al-Adeni, bertolak menuju Attilaj. Dan pada kesempatan yang sama Syeh Abdul Malik datang dari Lahaj menuju Attilaj, maka bertemulah kedua rombongan tersebut, pada kesempatan itu pangeran Marjan membaiat Syeh Abdul Malik dan mengambil sumpah dan memerintahkannya untuk memasuki wilayah pegunungan dan memerangi putra pamannya Syeh Ahmad bin Muhammad, dan ketika urusannya sudah selesai maka kembali ke Lahaj dan masuk Aden.
Selama hidupnya pangeran Marjan mengabdi kepada Imam Al-Adeni, begitu pula setelah meninggalnya Imam Al-Adeni dengan membangun kubah dan membangun rubat untuk para pelajar yang berada di sebelah masjid.
Pangeran Marjan meninggal dunia pada tahun 927 H, dan dimakamkan di dekat makam Imam Abu Bakar Al-Adeni, dan tidak lama kemudian disana di makamkan kapten Shafar Arrumi yang datang ke Aden bersama bala tentara untuk mengusir penjajah barat dari Aden, namun di tengah perjalanan pulang mengalami sakit parah dan kembali lagi ke Aden, untuk akhirnya wafat di sana pada tahun 927 H.
Hasil karya Imam Al-Adeni yang berupa prosa
Karya tulis yang berbentuk prosa pada zaman Imam Al-Adeni mengungguli sastra pada zaman itu, hal tersebut disebabkan madrasah sufiah yang notabene ulamanya menggunakan bentuk prosa dalam penulisan karya ilmiah dan surat menyurat, dengan menggunakan kata-kata yang mempunyai makna yang luhur yang terdapat dalam kamus tasawuf.
Dalam bab ini penulis akan tampilkan sebagian karya tulis Imam Al-Adeni baik yang berupa prosa ataupun syair, diantaranya adalah suratnya yang merupakan campuran bentuk prosa dan syair yang ditujukan kepada Syeh Abdurrahman bin Ali di Tarim.
بسم اللهالرحمنالرحيم, الحمدللهربالعالمين, والصلاةوالسلامالأتمانالأكملانعلىسيدنامحمدوعلىآلهوصحبهوسلم.
من الفقيرإلىاللهتعالىالمملوكالعبدالرقأبيبكربنعبداللهعلويلطفاللهبه:
فقد وردفيالكتابالكريمالمقابلبالتبجيلوالتعظيمالمشتملعلىالدررالنظيم, والزهرالفائقالبسيم, الذييحقأنيقال: {إنهمنسليمانوإنهبسماللهالرحمنالرحيم} الواردمنالشيخالأوحد, العالمالعلمالمفرد, سيدالشرفاوسبطالمصطفى, ورضيعألبانالصفاوالوفا, بحرالحقائق, وكاشفرموزالدقائق, زينالأدباء, ولسانالعربالعرباء, ذيالأخلاقالرضية, والشمائلالمرضية, والهمةالعاليةالأبية, والأنفاسالعلويةالقدسية, وجيهالدين, وبركةالمسلمين, سليلالصالحين, واسطةعقدالشرفالثمين, الشيخالأجلالوليالصالح, الساعيفيالمصالح, عبدالرحمنبنعليبنالشيخأبيبكررضياللهعنهمآمين, ونفعنيبهم, فقبلتهتقبيلمقتطفمنرياضه, مغترفمنحياضه, متبركبمواضعأقلامه, محترفبإنعامتوددهوشاملإكرامهوإنعامه, ونزهتطرفيفيحدائقبراعته, وماأودعهمنجواهربلاغته, فشكراللهأناملسطرتسطوره, ونظمتمنثوره, واقتطفتمنرياضالأدبزهوره, وأطلعتفيسماءالبلاغةكواكبهوبدوره.
وما أهديتممنالسلامفخصكماللهبأضعافه, وغمركمبمنهوألطافه, وماجاءبهمنعلومالبلاد, وماحدثفيهامنالفتنوالفساد, فالرجاءفياللهأنيزيلالشروينفيكلمحذور, ويطفيءنارالفتن, ويمحيمنهاسائراليمن, ماظهرمنهاومابطن, والبلادوإنحصلبهاماترىفالحوطةباللهثمببركةالسلفمحفوظة, وبعينالعنايةوالرعايةإنشاءاللهملحوظة, وكيفلاوهيموضعمهابطالرحمةوالسكينة, وموطنأقدامالأولياءوالصالحين.
وقد أحسنسيدناالإمامالسبكيرضياللهعنه:
وفي دارالحديثلطيفمعنى إلى فرشبهاأصبووآوي
لعلي أنأمسبحروجهي مكانامسهقدمالنواوي
وعوائد اللهلمتزلجميلة, ومواهبهفيجميعالأحوالجزيلة.
Ini sebagian contoh daripada akhir suatu surat yang ditulis oleh Imam Al-Adeni
وفي النفسمنالضيقبهذاالوقتمنعدمالمجالسكثير, فلماآنستمنكالأنس, وعرفتمنكأنكتحبالبسط,كانكمنجرنهرامحبوسا, فلاتعتبعلىكثرةالبسط, فإنهمنصفاءالمودة, وفيالقلبنصائحيحبالمملوكأنيبديهالكملماغلبالودوصفاالحب.
إعلم أنهذاالزمانخصوصاعندكمالغالبعلىأهلهعدمالوفاء, وإظهارالقبيحوالجفاء, وصرتمبينأظهرأعداءللدينجبلواعلىمحبةإذاعةمثالبأهلالمناصب, وقبيلنتاالغالبعليهمعدمالاحترازفيالأقوالوالتلبيسفيالأفعال, فلايجرواعلىأنفسهمإلازيادةسوءظنفوقماجلبواعليه.
وأنت بسلامتكقدجعلكاللهمفردا, وإفرادكمنغيراختيارمنزمانأبيكفيالحافةوالبيتوالمسجدوالطبع, فالصواباعتزالكمنهمقلباوقالباوأبقالكعلىمااختاراللهلكفهوأعلمبالخيرة, ولاتدخلنفسكفيالأمورالصادرةمابينإخوانك, وقلالكبارسادةوالصغارأولاد, ولايمكنالعصبيةمعأحدعلىأحد, وقلحالييضعفعنالخصوماتومخالطةأربابالدول, وقل: أنامنفصلمنزمانالوالدورغبتفيالاعتزالعنكلهلعلميبضعفحاليفلاتكلفونيسوىأنيأحبكمالجميع, فهذاهوالأصلحلأنهملايتبعونماأمرتولاتحسنمنكالعصبيةمعأحددونأحدمعمافيالمخالطةمنالآفاتمايذهبالدينوالجاهوالمروءة, وأكثرممايتبعناقولالشامتينالحاسدين: راحواأهلالخيروبقيمنلاينفع, ولاعادعلىرسمالفقراءسواك, فباللهعليكورسولهلاتدنسقميصسلوككبسليطمخالطةأوباشتريمورعاعها.. أفلرئاسةتناطبهم.. فواللهماتجشمتالفرقةوحليتليالغربةإلالكراهةتلكالمخالطاتوالمعاملاتمنخسرانالدينوالدنيا.
و بعدفاعلمسيديأنيإذاذكرتبعديعنالتربالمنيفةوالضرائحالشريفةوعدمزيارةالمشايخيحصلالتعبالكلي, وإذاراجعتأذكرماقاسيتمنمريرعشرةالعشيرةوعدماحتفالهمبمراعاةالمروءة, وقلامتثالالعاقل, وعدمرمقالعواقب- وسيانعندهمعدوهموصديقهمفيإفشاءغوابيأسرارهم- أحببتالغربةوذقتلهاحلاوةكائناماكانت, ولاشيءيتبعنيسوىأنأموتفيغيرتريم, فالدعاءالدعاءالدعاءأناللهتباركوتعالىسبحانهجلذكرهأنيجعلموتيبتريم.
وبعد فخاتمةكتابينسألالدعاءأنيختمللجميعبخيرالدنياوالدينوالآخرةبحقمحمدوآلهآمين.
Sebagian daripada makalah-makalah Imam al-Adeni
Syeh Abdullatif bin Abdurrahman Bawazir dalam pembukaan buku kumpulan syair yang berjudul "Mahajjatussalik wa Hujjatunnasik" berusaha mengumpulkan beberapa petikan daripada ceramah Imam Abu Bakar Al-Adeni yang didengarnya, daintara petikan tersebut adalah :
Petikan ceramah imam Al-Adeni dibidang
tauhid
Imam Abu Bakar AL-Adeni berkata : sesungguhnya Allah adalah zat yang maha mendengar dan maha melihat, maha kuasa, zat yang hidup dengan zatNya, maha mengatur dan menguasai segala isi alam, yang maha awal dan maha akhir, yang maha zahir dan maha batin, yang maha abadi, tidak ada permulaan dan akhir atas wujudNya, tidak ada zat yang menyamai atas zatNya, tidak sifat yang menyamai sifatNya, yang mendengar tanpa indera pendengar, yang melihat tanpa indera penglihatan, Dia tidak dapat dicapai penglihatan, sedang Dia meliputi penglihatan dan Dia Maha Halus lagai Maha mengetahui, Dia tidak berasal dari sesuatu, tidak berada dalam sesuatu juga tidak diatas sesuatu, karena kalau Dia berasal dari sesuatu, maka niscaya adanya Dia didahului sesuatu, dan kalau Dia berada dalam sesuatu maka niscaya keberadaannya terbatas, begitu juga kalau Dia berada diatas sesuatu maka niscaya Dia dipikul, Tidak sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dialah yang maha mendengar lagi Maha Melihat, Maha Agung Allah dari perkataan orang-orang zalim.
Mengenai ayat-ayat muatasyabihat dalam Al-Qur'an seperti ayat الرحمن علىالعرشاستوى)), yang artinya : Yang Maha Pengasih bersemayam di atas 'arasy. Imam Al-Adeni berkata : kata bersemayam dalam ayat tersebut, bukan bermakna menempati tetapi bermakna menguasai, dan Rasulullah SAW bersabda "Janganlah engkau mengunggulkan aku atas saudaraku Yunus bin Matta" hal tersebut karena Rasul SAW naik hingga mencapai 'Arasy dan Kursy, sedang Nabi Yunus Alaihi Salam, turun hingga ke dasar bumi, dan keduanya di hadapan Allah SWT tidak ada bedanya, dan Allah SWT berfirman (واسجدواقترب) yang artinya : sebenarnyalah, janganlah engkau tunduk kepadanya, tetapi sujudlah dan dekatkanlah dirimu kepada Allah. Dari ayat tersebut jelaslah bahwa tidak ada arah, karena kalau Allah SWT berada di arah atas maka niscaya orang yang berdiri lebih dekat ke langit daripada orang yang bersujud, maha tinggi Allah daripada jangkauan akal dan faham manusia.
Dengan kekuasaanNya, Allah menciptakan alam semesta dan dengan kehendakNya Allah mengaturnya, Dia tidak melekat dengan alam juga tidak terpisah, tetapi Dia sebagaimana Dia kehendaki, dan bagaimana Dia kehendaki, apa yang diperbuatNya tidak dipertanyakan, tetapi perbuatan merekalah yang ditanyakan.
Dari perkataan Imam Al-Adeni tentang Takwa dan Husnu Adzon
Imam Al-Adeni berkata : hendaklah kamu sekalian bertakwa kepada Allah, karena Allah SWT telah berfirman (وتزودوافإنخيرالزادالتقوى) artinya : dan hendaklah kamu sekalian membawa bekal, maka sesungguhnya sebaik-baiknya bekal adalah takwa. Dan Allah SWT berfirman (واتقوااللهويعلمكمالله), artinya : dan bertakwalah kamu sekalian kepada Allah SWT, maka niscaya Allah akan mengajari kamu.
Mengenai husnu dzon (berbaik sangka) Imam Abu Bakar Al-Adeni berkata : hendaklah kamu sekalian berbaik sangka kepada Allah SWT,
(ليس البرأنتولواوجوهكمقبلالمشرقوالمغربولكنالبرمنآمنباللهواليومالآخروالملائكةوالكتابوالنبيين... الآية)
Artinya : Bukanlah kebaikan itu menghadapkan wajah ke arah timur dan barat, tetapi kebaikan itu adalah barangsiapa yang beriman kepada Allah, hari akhirat, malaikat-malaikat, kitab-kitab, Nabi-Nabi.
Dan iman itu adalah berbaik sangka dan membenarkan, Allah SWT berfirman, (وتعاونواعلىالبروالتقوى)
Artinya : dan saling tolong menolonglah diantara kamu dalam kebaikan dan takwa.
Dan Allah SWT berfirman
(فسوف يأتياللهبقوميحبهمويحبونه)
Artinya : maka kelak Allah akan mendatangkan kaum yang Dia cintai dan mencintaiNya.
Mengenai hadits 'Araby ketika dia bertanya kepada Rasul SAW tentang hari kiamat, maka Rasul balik bertanya kepadanya, "apa yang kamu persiapkan untuk menghadapinya ? 'Araby menjawab, cinta kepada Allah SWT dan RasulNya, maka Rasulullah SAW bersabda, kamu akan bersama dengan yang kamu cintai". Berbaik sangka adalah suatu tanda akan kebahagiaan, dan orang yang berbaik sangka diharapkan akan meninggal dalam keadaan husnul khatimah.
Imam Al-Adeni berkata : tidak akan merugi orang yang berbaik sangka walaupun sangkaannya salah, dalam sebagian qosidahnya beliau mwngatakan :
ربي بكأحسنتظني فإنه خيرملزم
وإنه الكنزالأكبر وإنهالإسمالأعظم
Pesan-pesan Imam Al-Adeni agar berbaik sangka sangat banyak sekali, dan beliau berkata : berbaik sangka adalah amal yang paling mendekatkan kepada Allah, karena Rasulullah SAW bersabda : sesungguhnya setiap amal perbuatan itu tergantung niat, dan setiap orang akan menuai dari niatnya itu.
Imam Al-Adeni berkata : janganlah kamu sekalian berburuk sangka, kareng buruk sangka itu tanda dari kecelakaan, dan orang yang berburuk sangka dikhawatirkan akan su'ul khatimah, Rasulullah SAW bersabda : "barang siapa menyakiti salah seorang kekasihku, maka sesungguhnya aku telah mengikrarkan peperangan dengannya". Dan Allah berfirman kepada NabiNya mengenai orang-orang munafik
(استغفرلهمأولاتستغفرلهمإنتستغفرلهمسبعينمرةفلنيغفراللهلهم)
Artinya : sama saja bagi mereka orang-orang munafik baik kamu memintakan ampunan bagi mereka ataupun tidak, bahkan kalaupun kamu memintakan ampunan bagi mereka sebanyak tujuh puluh kali, Allah tidak akan mengampuni mereka.
Perhatikanlah keadaan orang-orang munafik, karena mereka berburuk sangka maka permintaan ampun dari Nabi SAW pun tidak ada manfaat bagi mereka, padahal Nabi SAW adalah mahluk Allah yang paling utama.
Imam Al-Adeni berkata : tidak akan berbahagia orang yang berburuk sangka walaupun sangkaannya benar.
Sebagian perkataan Imam Al-Adeni tentang ziarah kepada para wali
Imam Al-Adeni berkata : hendaklah kamu sekalian ziarah kepada para wali dan mengenali mereka, jika niatnya betul, dan dibarengi dengan keyakinan yang kuat, maka sesungguhnya antara alam gaib dan alam nyata sangat erat hubungannya sebagaimana hubungan antara ruh dan jasad, tidak ada berkah dari alam gaib kecuali melalui usaha dari alam nyata, dalil yang menunjukkan hal tersebut adalah firman Allah SWT kepada Maryam
(و هزيإليكبجذعالنخلة..)
Artinya : dan kamu gerakkanlah pohon kurma.
Dan firman Allah kepada Nabi Musa Alaihi Salam,
(أن اضرببعصاكالحجر)
Artinya : pukullah batu itu dengan tongkatmu
Allah menjadikan, menggerakkan pohon kurma oleh Maryam dan memukul batu oleh Musa sebagai sebab barokah yang turun dari alam gaib.
Sebagian perkataan Imam Al-Adeni mengenai tha'at dan bahaya maksiat
Imam Al-Adeni berkata : janganlah sekali-kali kamu berdalih kepadaNya dengan perbuatan tha'at kamu, jangan pula kamu menjauhinya ketika kamu melakukakn maksiat, dan janganlah kamu berputus asa dari rahmatnya dalam setiap keadaan.
Imam Al-Adeni berkata : janganlah kamu meremehkan perbuatan tha'at sekecil apapun, karena di dalamnya terdapat rdlo Allah SWT, dan jangan pula kamu menganggap enteng sekecil apapun perbuatan maksiat karena didalamnya terdapat murka Allah.
Imam Al-Adeni berkata kepada orang-orang yang suka mengadu domba dan menggunjing orang lain, sesungguhnya Allah SWT berfirman dalam surat Al-Hujuraat ayat 12 yang berbunyi :
ولا يغتببعضكمبعضاأيحبأحدكمأنيأكللحمأخيه))
Artinya : Dan janganlah sebahagian kamu menggunjing atas sebahagian yang lain. Adakah diantara kamu suka makan daging saudaranya yang mati?.
Dan dalam surat Al Qalam ayat 13 Allah SWT berfirman :
(هماز مشاءبنميم ? مناعللخيرمعتدأثيم)
Artinya : yang banyak mencela yang kian kemari menghambur fitnah. Yang banyak menghalangi perbuatan baik, yang melewati batas lagi banyak dosa.
Rasulullah SAW bersabda : seorang muslim adalah orang yang selamat daripada lisannya dan tangannya orang-orang muslim lainnya. Dalam hadis lain bersabda : tidaklah manusia diceburkan ke neraka baik wajahnya dahulu ataupun bokongnya kecuali akibat lisannya.
Imam Al-Adeni berkata :
كل جرحعلاجهممكن ما خلايافتىجرحاللسان
Artinya : semua luka mungkin diobati kecuali luka yang disebabkan lisan.
Seseorang yang mencela atas aib atau penderitaan orang lain niscaya oleh Allah SWT akan diberi cobaan seperti halnya orang yang dia cela atau bahkan lebih dahsyat, Sayidina Ali bersabda : kalau aku mencela perempuan yang hamil, aku takut suatu ketika aku hamil.
Imam Al-Adeni berkata : jauhilah sifat sombong dan hasud karena kedua sifat tersebut melebur perbuatan baik dan menghilangkan keberkahan sebagaimana api melalap kayu bakar, Allah SWT berfirman :
(إلا إبليسأبىواستكبروكانمنالكافرين)
Artinya : kecuali iblis, dia enggan (bersujud kepada Adam AS) dan dia somong, maka masuklah dalam golongan orang-orang kafir.
Allah SWT berfirman :
(إن الذينيستكبرونعنعبادتيسيدخلونجهنمداخرين)
Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang sombong dan enggan menyembahKu akan masuk neraka selama-lamanya.
Allah SWT berfirman :
(أم يحسدونالناسعلىماأتاهماللهمنفضله)
Artinya : apakah mereka merasa iri kepada manusia atas pemberian Allah SWT dengan kemurahaNya.
Imam Al-Adeni berkata : sesungguhnya sombong dan hasud adalah pertama kali maksiat, dan setiap kali seseorang bertambah nikmatnya maka makin geramlah hati orang-orang yang hasud, tentang hal ini Imam Al-Adeni sering mendendangkan ucapan syair :
قل للحسودإذاتنهد: طعنة يا ظالماوكأنهمظلوم
Dan orang-orang hasud selamanya tidak akan jadi pemimpin, sesuatu yang kotor tidak akan mengeluarkan selain kotoran.
Sebagian doa-doa Imam Al-Adeni
اللهم أجرنامنغيرضررواغننامنغيربطراللهمأجرنامنغيرابتلاء.
Adapun doa yang sering dibacanya dalam majlis zikirnya adalah :
اللهم ارزقنامنالعقولأوفرهاومنالأذهانأصفاهاومنالأعمالأزكاهاومنالأخلاقأطيبهاومنالأرزاقأجزلهاومنالعافيةأكملهاومنالدنياخيرهاومنالآخرةنعيمهاوصلىاللهعلىسيدنامحمدوآلهوصحبهوسلم.
Sebagian perkataan Imam Al-Adeni tentang perbedaan Syariah dan Hakikat
Sebagain ahli fiqih bertanya kepada Imam Al-Adeni tentang perbedaan antara Syariah dan Hakikat, maka beliau menjawab :
بسم اللهالرحمنالرحيم
Segala puji bagi Allah SWT, Dialah yang memuji atas diriNya, dan Dial ah zat yang terpuji, dari Dial ah datangnya maksud kepada orang-orang yang memiliki maksud, dan Dial ah yang dimaksud, Dia menciptakan kehendak hamba dengan kehendakNya, dan menetapkannya hingga menjadikan hujjah atas hamba, dan dengan ketetapan dariNya seorang hamba melakukan perintah dan menjauhi laranganNya, dan Dial ah yang membalas semuanya sesuai perbuatannya, maka Dia berfirman :
(وأن ليسللإنسانإلاماسعى)
Artinya : dan seorang manusia tidak berhak kecuali sesuatu yang dia kerjakan.
Dia juga berfirman :
(وما تشاؤونإلامايشاءالله)
Artinya :
Dan tidaklah kamu sekalian berkehendak kecuali sesuai kehendak Allah.
Maka terjadilah kebingungan, dan butalah indra penglihatan dan mata hati, maka Dia memberikan taufik kepada hambaNya, maka sebagian dari mereka diberi taufik dengan syariah dan sebagiannya denga hakikat, ilmu yang menghiasi jasmani adalah ilmu zahir dan ilmu yang menghiasi hati adalah ilmu batin dan itulah ilmu hakikat, Allah menjadikan zahir Islam atas beberapa rukun yang dilakukan oleh badan, dan menjadikan hakikat iman dan ihsan atas yakin yang ada pada hati nurani, tetapi karena sesuatu yang tersimpan dalam hati nurani itu suatu yang tidak bisa dilihat ataupun didengar, maka dijadikanlah lisan sebagai alat terjemah, maka jelaslah antara syariah dan hakikat mempunyai hubungan yang sangat erat.
Adapun perkataan ahli syariah yang hanya mengerti ilmu tanpa dibarengi amal "selain syariah adalah kufur" maka perkataan mereka ada benarnya dan juga ada salahnya, begitupula halnya perkataan orang-orang yang mengaku berpegang terhadap hakikat tanpa mengetahui syariat "selain hakikat itu tidak ada apa-apanya".
Adapun mereka yang menguasai syariat dan hakikat maka mereka berkata "apakah kamu sekalian tidak mendengar pemberi taufik berfirman :
( والذينجاهدوا)
Artinya :
Yang dimaksud ijtihad (bersungguh-sungguh) dalam ayat tersebut adalah syariah, ijtihad tersebut adalah merealisasikan nas-nas syariah dalam bentuk amal agar mendapat petunjuk kepada jalanNya dan itulah hakikat," dan bagi mereka yang mengaku berpegang kepada hakikat tanpa menggunakan syariah, maka ketahuilah kamu sekalian tidak akan mendapatkan hidayah kecuali dengan bersungguh-sungguh dalam menjalankan perintah syariah dan menjauhi larangannya.
Dan diantara karangan Imam Al-Adeni yang paling penting adalah kitabnya yang berjudul "الجزءاللطيففي"التحكيمالشريف, dalam kitab ini beliau menjelaskan secara rinci sanad pemakaian khirqoh menurut ahli tasawuf, dalil-dalil yang digunakan oleh ahli toriq dalam pemakaian khirqoh, perbedaan pendapat ulama tentang khirqoh, serta pendapat sebagian ulama yang mengatakan bahwa hal tersebut adalah bid'ah, kemudian Imam Al-Adeni menyelinginya dengan menjelaskan tentang bid'ah dan macamnya, dan seterusnya menyebutkan berbagai macam pemakain khirqoh serta tatakramanya, juga tentang tata cara pengambilan 'ahd dari seorang murid oleh syehnya, seperti berikut ini :
1. hendaklah seorang Syeh menyebutkan adab-adab taubat, kemudian meletakkan telapak tangan kanan diatas telapak tangan sang murid, seraya menyatakan bahwa seorang syeh dan murid keduanya bersekutu dalam taubat.
2. dengan suara keras syeh mengucapkan :
أعوذ باللهمنالشيطانالرجيمبسماللهالرحمنالرحيماستغفراللهالعظيم(3 kali ) وأسأله التوبةوالمغفرةوالتوفيقلمايحبهويرضىوصلىاللهعلىسيدنامحمدوآلهوصحبهوسلموالحمدللهربالعالمين.
Setelah Syeh mengucapkan perkataan diatas lalu diikuti oleh sang murid.
Syair-Syair Imam Al-Adeni Memiliki Tujuan yang Bermacam-Macam.
Buku kumpulan syair-syair Imam Al-Adeni dihiasi berbagai macam bentuk syair dan berbagai macam tujuan menurut ahli tasawuf, sebagaimana diketahui bahwa sastera sufi mempunyai ciri khas tersendiri terutama dalam penggunaan kata-kata, kebanyakan kalimat tidak digunakan dalam maknanya yang lugas, begitupula dalam penggunaan kata-kata kiasan, seperti kata mabuk, arak, gelas, panah mata, hindun, laila. Kata-kata tersebut yang dimaksud adalah makna kiasannya, yang dimaksud dengan mabuk adalah kelezatan dalam berzikir dalam tafakur, adapun gelas merupakan sebab untuk mencapai kelezatan tersebut, dan tentang rumus yang menggunakan nama peremupan seperti laila, adalah cara seorang penyair dalam mengungkapkan suatu keindahan batin dengan menggunakan kata-kata yang menunjukkan keindahan zahir.
Dan tidak semua syair sufi berupa syair cinta, selain itu banyak lagi macamnya, seperti syair nasihat, koreksi diri, dan zuhud. Namun dari semua macam syair tersebut mempunyai ciri yang sama dan menunjukkan bahwa sayir tersebut merupakan syair khas para ahli tasawuf.
Dan tidaklah sepantasnya bagi seseorang yang tidak memiliki dzauk seperti yang dimiliki para ahli tasawuf, melecehkan qasidah-qasidah tasawuf dengan menyangkutkan syair-syairnya dengan sesuatu yang mereka hayalkan, sesuatu yang bersangkutan dengan syahwat, dan kalaupun diantara syair-syair sufi yang pada zahirnya menunjukkan makna yang tidak baik, maka hal tersebut tidak bisa dijadikan landasan untuk menyama ratakan hukum tersebut kepada semua ahli tasawuf, disamping semua itu tidak ada perlunya mendebatkan suatu pola pikir yang telah punah dengan kepunahan orang-orangnya dan membesar-besarkan masalah tersebut.
Justru yang perlu menjadi perhatian kita sekarang ini adalah pola pikir dalam kehidupan kita sekarang ini, yang nyata-nyata telah merendahkan martabat dan menghancurkan kehidupan serta harga diri manusia.
Namun perkataan saya ini bukan berarti promosi atas syari romantis sufi ataupun istilah arak maknawinya, tetapi maksud dibalik semua itu adalah menegaskan bahwa seyogyanya kita memberikan penilaian atas suatu madrasah berdasarkan asas pemikirannya bukan dari zahir kata-kata belaka, tanpa melihat hakikat, keadaan, tempat dan waktu keberadaan madrasah itu sendiri.
Dan yang sangat disayangkan, penyamarataan tersebut bukan saja terhadap sastera sufi, namun berlaku kepada segala sesuatu yang bersangkutan dengan tasawuf, orang yang mengaku sebagai peresensi yang nota bene keluaran madrasah eropa, mereka yang menganggap dirinya memikul tugas untuk membersihkan sejarah, sastera dan ilmu-ilmu islam dari kekeliruan dan kesalahan sebagai akibat pemikiran tasawuf dan pemalsuan hadits dan hal lainnya, tetapi semua itu mereka lakukan dengan menggunakan tolok ukur barat yang merupakan ha lasing bagi Islam itu sendiri, oleh sebab itulah pada akhirnya mereka menuduh para pendahulu dengan sesuatu yang tidak pernah mereka lakukan, dan mereka sendiri menganggap bahwa tolok ukur yang mereka gunakan adalah sesuatu yang murni dari islam, padahal hal tersebut sangat jauh sekali dari Islam, bagaimana tidak? Karena mereka sendiri mendapatkan itu semua dari musuh-musuh Islam maka tidak diragukan lagi mereka sendiri justru telah terpengaruh dengan pemikiran madrasah asalnya.
Dan hal tersebut kini telah merasuki madrasah-madrasah islam dari mulai dasar sampai tingkat tinggi akibat penjajahan moderen.
Dan langkah yang bijak dalam semua ini adalah memaklumi dan memaafkan orang-orang Islam dan merasa kasihan atas keadaan mereka yang menjadi incaran musuh-musuhnya, yang selalu menanamkan permusuhan dan perpecahan diantara orang-orang Islam.
Dan dalam akhir tulisan ini penulis akan menyuguhkan sebagian syair-syairnya Imam Al-Adeni secara ringkas. Sebagian besar syair-syair Imam Al-Adeni merupakan syair romantis yang menggunakan kata-kata dari bahasa daerah dan dengan nada nyanyian, terkadang syairnya keluar dari kaidah-kaidah ilmu arudl, namun kelebihan syair-syair tersebut adalah bait-bait permulaannya memiliki nada yang sangat cocok dengan nada nyanyian para ahli tasawuf Yaman pada zaman itu, adapun kosa-kata yang digunakan oleh Imam Al-Adeni terdiri dari bahasa daerah dan kata-kata arab fasih, adapun bahasa daerah yang sering kali digunakan dalam syair Imam Al-Adeni adalah bahasa daerah Tihamah.
Sebagaimana terlihat dalam bait-bait syair berikut :
شاعشق ليمعزغالي وارتقيليمرتقيعالي
شا فخرليبفخرمحبوبي وأعطانيفيالحبمطلوبي
Begitu juga pada bait berikut ini :
إذا شااتركلهموواصلسروري ولي ربيعلمبخافيأموري
وشا ادخلوشااجزمبقلبجسور أرىاللومعنديخطأغيرصائب
أنا شااستجيربالجمالالمكمل ومن فيالنبيينأكملوأفضل
dan kalau di teliti secara cermat sebetulnya dalam syair –syair tersebut terdapat kelemahan, dan memang kelemahan dalam segi bentuk syair tersebut merupakan suatu yang biasa, karena tujuan dari syair-syair tersebut adalah dakwah kepada orang-orang awam, selain itu kebanyakan dari gubahan-gubahan tersebut adalah untuk dinyanyikan, oleh sebab itu syair-syair tersebut menggunakan katak-kata yang gampang untuk difaham dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menurut sebagaian penulis merupakan suatu kejanggalan dan mereka menganggap bahwa ada sesuatu dibalik itu semua, karena terdapat perpautan yang menyolok antara sastera dan prosa pada zaman itu, prosa lebih mendapat perhatian dari para ulama zaman itu, hal tersebut terlihat jelas dalam tulisan dan khutbah-khutbah yang begitu memperhatikan kaidah-kaidah bahasa baik dari segi tata bahasa, sajak serta balagahnya, dan sebaliknya hal-hal tersebut tidak ditemukan dalam tulisan-tulisan ulama pada zaman itu yang berbentuk sastera.
Jawaban yang bijak atas masalah tersebut bahwasanya ulama-ulama terdahulu walaupun mumupuni dalam segi tata bahasa dan balagah -sebagaimana terlihat jelas dalam tulisan mereka yang berbentuk prosa dan khutbah-khutbahnya- namun mereka tidak menyukai bentuk syair yang dibuat-buat, bahkan terkadang mereka mencela jika seorang penyair terlalu memenitingkan akan bayan badi' apalagi kalau sayiar itu syair sufi yang ditujukan untuk pengajaran dan dakwah, karena mereka lebih suka memberikan petuah dan wejangan kepada orang awam dengan bahasa dan kata-kata yang bisa dan mudah difahami, hal tersebut sebagaimana dikisahkan oleh Habib Abu baker al Attas bin Abdullah bin Alawi Alhabsy bahwasanya beliau berkata : hikayat mengatakan bahwa ketika Habi Abdullah bin Husain bin Thahir mendengar perkataan penyair yang berbunyi :
علي نحتالقوافيمنمعادنها وما عليإذالمتفهمالبقر
Artinya :
Aku harus menggali kowafi (not syair) daripada penyimpanannya
Dan aku tidak perduli kalau syairku tidak difahami oleh orang bodoh
Habib Abdullah bin Husain bin Thahir berkata :
تركت نحتالقوافيمنمعادنها لأن ليمقصداأنتفهمالبقر
Artinya :
Aku tidak menggali kowafi daripada penyimpanannya
Karena aku ingin syairku difahami orang-orang bodoh
Dari hal tersebut diatas sangat jelas bahwa madrasah Hadhramaut memiliki ciri has tersendiri baik dalam pola pikir ataupun kesusastraan, adapun penyebab itu semua karena kebanyakan masyayeh pada zaman itu menggunakan semua waktunya dalam berdakwah dan memberi wejangan kepada orang awam, maka perhatiannya mereka terhadap hal yang lain seperti sastera sangat minim sekali, namun bukan berarti bahwa Hadhramaut pada zaman itu tidak memiliki ulama yang mumpuni dalam syair, karena banyak dari mereka yang memiliki kemampuan yang mumpuni dalam bidang sastera dan syair.
Kesimpulan tersebut diatas merupakan hasil dari penelitian penulis terhadap beberapa ulama dan suyuh Hadhramaut di sela-sela penulisan riwayat hidup Alawi (kakek penulis) dalam buku yang berjudul "لوامعالنور". Dalam kitab tersebut disebutkan bahwa ketika Alawi kembali ke Hadhramaut setelah menimba ilmu dari Mesir dengan membawa berbagai macam ilmu, dia menemukan keadaan Hadhramaut tidak sesuai dengan ilmu yang ia bawa, tentang keadaannya tersebut beliau berkata : "ketika aku tiba di negeriku, tanah kelahiranku, mereka tidak mengetahui balghah, bahkan seseorang yang mempunyai sifat balaghah justru menjadi ejekan, dan ketika aku memeriksa apa yang tersimpan di benakku ternyata semuanya tak berguna, pada saat itulah aku teringat perkataan seorang penyair :
أرض الحراثةلوأتاهاجرول نجل الحطيئةلانثنىحراثا
تصدى بهاالأذهانبعدصقالها وتردذكرانالعقولإناثا
Dan ketika aku dalam keadaan bingung dan ragu tiba-tiba datanglah bisikan yang berkata : "lepaslah sandalmu sesungguhnya kamu berada di lembah yang suci"
هذا شرابالقومسادتناوقد أخطاالطريقةمنيقلبخلاف
Maka aku terbangun dan jelaslah bahwa jalan yang terbentang adalah jalan dilalah, makomat, ahwal, qobul dan iqbal, maka aku bahwa memang gila itu banyak macamnya dan sesungguhnya hak tersebut selalu bersama orang yang tahu tentang rahasia, maka kemudian aku mengikuti jejak para pendahuluku dan meninggalkan segala yang akan membawa kerusakan kepadaku, dan mulailah aku melangkah dalam jalan dakwah kepada Allah dan memberikan petunjuk kepada yang tersesat.
Syair-syair Kerinduan Imam Al-Adeni
Imam Al-Adeni berkata dalam menggambarkan kerinduannya kepada keluarga dan orang-orang soleh terdahulu :
عرض بذكريإنمررتبلعل واقري السلامأهيلتلكالأربع
واشفع وقلبتذللوتخشع ياساكني واديالنقاوالأرجع
فيكم ضنىجسميوسالتأدمعي
وبكم لبستمنالنوىحللالضنا وهجرتفيكممننأىأومندنا
وجعلت حبكم لنفسيديدنا إن كانمسكنكمبواديالمنحنى
حسا فمثواكممعيفيأضلعي
يا منأعدهمأعزدخائري شغفيبحبكمسرىفيسائري
وبدا وفاضعلىجميعمظاهري في خاطريوضمائريوسرائري
في منظريفيمنطقيفيمسمعي
Dan tentang kerinduannya akan kampong halaman dan sanak kerabat beliau berkata :
مسافرين أبلغواعنا منفيتريمألفألفيسلام
من قامتهتشبهالغصنا ومنجبينهكبدرالتمام
متمم الحسنوالمعنى سيوجيالطرفقميريالحمام
والجسم منفرقتهمضنى وناظريماتهنامنام
قولوا لمنقدبراحالي لايحسبانانسينالقاه
أفديه بالحالوالمال وليسمقصوديإلارضاه
والله أقسمولاأبالي ما حبفيالخلائقسواه
Dalam qosidah lain Imam Al-Adeni berkata :
يا سفحعيديديامأوىالدمىالكنس الساجياتالعيونالفترالنعس
الحاليات اللماالشنباللعس يا سفحعيديدياوجديلغزلانك
يا سفحعيديديامأوىالملاحالحور الفاتناتالورىألباهياتالنور
هل ترحمونالبعيدالقاصيالمهجور سقياورعيالروضاتكورضوانك
Dan dalam kerinduannya terhadap Aden beliau berkata :
هزني الشوقإلىعدن شد ياحاديالركاب
شوقنا ازدادوالوسن عنجفونينزحوغاب
خاطري قطماسكن مذجاءمنهمكتاب
هل درىورديالوجن ما بقلبيمناضطراب
لونه يمسكحينفاه مايماثلهقدطيب
أو كماالباردالقراح أوكماالمندلالرطيب
لا غنىليولاسراح عنك واللهياجبيب
وجهك الباهيالحسن شمس مادونهاسحاب
Syair Imam Al-Adeni yang berisikan petuah dan hikmah
نصبت لأهلالمناجاة فيحندسالليلأعلام
واستعذبوا السهدوامسوا قياما إذناممننام
واستقبلهم لطائف بهجاتفضلوإكرام
منلذةلاتكيف ولاتصورفيالأوهام
قد ذاقهامنعناها وهامفيهاالذيهام
واستوحش الخلقوامسا في الفيافيوالاكام
ولم يعرجعلىشي سواه لولاممنلام
طابوا وفازالمخفون ونحنأربابالآثام
نبني ونهدمبنانا ومتهىأمرنااهدام
بالسوف والسوفتسويف تمضي اللياليوالأيام
أيامنا قدتقضت علىالتمانيوالاوهام
وكل آتقريب والعافيةبعدهااسقام
والعمر فانوإنطال لابدمنكرةالسام
والغيد تمسيأرامل مناوأطفالناأيتام
ونذكر أياماكنا كأنهاأضغاثأحلام
نندم علىمافعلنا ولايفيدالتندام
يا ذاالكسلكمتؤخر توبتك منعامإلىعام
وليست تدريبعام يأتيكمنناقصأوتام
أو هلتحققتدنيا دامتلحدأولهادام
وليس تعلملخصمك أمراإذاجاللالزام
يا كاشفالضريامن قضىبقدرهوأحكام
احفظ عليناجميعا عندانقضاالعمرالاسلام
قد جدتفضلابالاسلام وأفضل الجودولاتمام
حاشاك بعدالتفضل تذيقناهولالاضرام
فنحن أهلللاسوا وأنتأهلللانعام
تمت وصلواعلىاحمد مكرراطولالاعوام
Dalam qosidah lain beliau berkata :
كل منليسيمنعنفسه عنحضيضالهوىذاقالهوان
من تدنيدانتبههمته لو يكنعاليابالزبرقان
واصحب اللطففيكلالأمور مالطفكلشيإلاوزان
كل جرحعلاجهممكن ماخلايافتىجرحاللسان
إنما يوقعالمرءالغبي فيجميعالمصائبخصلتان
الطمع والتعديللذي ليسيعنيهفاحذريافلان
والزم الصبرفيكلالأمور صاحب الصبرفيالعقبىمعان
لا تعاديزمانكيغلبك كنمسايريسايركالزمان
لا تعرجعلىوطنوكن أينما كانعزكهومكان
فالغنى الغنىكلالغنى التقىماسوىالتقوىففان
بالتقى يجتمعلكيافتى فيحياتكوفيالأخرىالأمان
لا يقنطكذنبكوالتزم حسن ظنكبربككلآن
لا تمنىعلىاللهالمحال مطلبك منهللعصمةجنان
أنت ماكنتحيافيجهاد كن قوياليقينثبتالجنان
وإذا مايقينكصحبه فهو يحفظكماقدشاهكان
وإذا كنتمنأهلاليقين صحقدمالتصوفلكوبان
يتضح سرأسرارالغيوب في القلوبوالخبرعندكعيان
والكلام بعدذالاينبغي قد حسنهاهناقبضالعنان
والصلاة والسلامعلىالنبي الأتمان ثمالأكملان
Syair Imam Al-Adeni yang Berisikan Koreksi Diri (musahabah nafs)
يا عينإننامالخليففيالدجى لاتهجعيلاتهجعيلاتهجعي
جن الظلامففيجنانكفارتعي و تمتعيوتمتعيوتمتعي
يا أذنإنطالالعذولعتابه لاتسمعيلاتسمعيلاتسمعي
لا يستميلكعنهواكمفند منه ارعويمنهارعويمنهارعوي
يا مهجتيشقيالصفوفوبادري لاترجعيلاترجعيلاترجعي
وإذا أتاكالموتمندونالمنا لاتجزعيلاتجزعيلاتجزعي
لا تطمعيمندونهمبسلامة لاتطمعيلاتطمعيلاتطمعي
غير الرياضالمونقاتفاتركي لا ترتعيلاترتعيلاترتعي
لا تدعيريبالهوىبجهالة لا تدعيلاتدعيلاتدعي
إن كنتصادقافلاتتخشيالفنا فله اكرعيفلهاكرعيفلهاكرعي
و تجرعيغصصالمهالكواصبري وتجرعيوتجرعيوتجرعي
إن صاحناقوسالهوىآناللقا كوني اسرعيكونياسرعيكونياسرعي
Bersambung ........
Bersambung ........
0 Response to "Manaqib Lengkap Imam Abi Bakar Al-Adeni bin Abdillah Alidrus (Bagian 3)"
Post a Comment