AL-HABIB AHMAD AL-HINDUAN MELAKUKAN PERJALANAN KE INDIA DAN BELIAU TINGGAL DISANA DALAM BEBERAPA WAKTU UNTUK MEMBANTU PAMAN DARI SAUDARA IBUNYA AL-HABIB ABU BAKAR.
KEMUDIAN BELIAU KEMBALI KE TARIM (YAMAN), DAN DARI TARIM BELIAU MELAKUKAN IBADAH HAJI SERTA BERZIARAH KE PUSARA KAKEKNYA BAGINDA RASULULLAH SAW. SEMENJAK ITU BELIAU KELUAR MASUK INDIA SEBANYAK 2 ATAU 3 KALI. NAMUN SETELAH PAMAN BELIAU (AL-HABIB ABU BAKAR) MENINGGAL DUNIA, BELIAU MENETAP DI TARIM, HINGGA BELIAU WAFAT DI SANA.
AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN MERAIH MUKASYAFAH PADA USIA 18 TAHUN. YAKNI MAMPU MENYAKSIKAN PERIHAL KEJIWAAN SESEORANG, APAKAH ORANG TERSEBUT DALAM KEADAAN SUCI ATAUKAH BERHADAS. KEMUDIAN BELIAU BERDOA KEPADA ALLAH AGAR MUKASYAFAH TERSEBUT DITUTUP, DIKERANAKAN BELIAU TIDAK MAHU MENATAP HAL-HAL YANG BERSIFAT DEMIKIAN.
BELIAU JUGA MEMPEROLEH GELAR "QIBLAT AD-DUNYA" YANG BERERTI KIBLAT DUNIA. HAL INI MERUPAKAN GELAR PENGHORMATAN ATAS KEPAKARAN BELIAU DALAM DUNIA HUKUM ISLAM (FIQH), SEHINGGA TIDAK TERTANDINGI PADA ZAMANNYA. DAN BUKTI KEBERHASILAN BELIAU ADALAH MENCETAK KADER, DIMANA MURIDNYA YAKNI, AL-HABIB ABDURRAHMAN BIN ABDULLAH BA FAQIH YANG MERAIH GELAR "ALAMAT AD-DUN YA" YANG BERERTI TANDA DUNIA, YAKNI BELIAU MAMPU MENGETAHUI DARI BEKAS TELAPAK KAKI MUSAFIR DARI MANA DIA BERASAL DAN SIAPA GURUNYA, DAN APAKAH GURU SI MUSAFIR ITU MASIH HIDUP ATAUKAH SUDAH MENINGGAL. BAHKAH BELIAU DAPAT MEMBACA LETAK KA'ABAH DARI HEMBUSAN ANGIN. JIKA AL-HABIB ABDURRAHMAN BA FAQIH SEDEMIKIAN LUAR BIASA, MAKA BAGAIMANA LAGI DENGAN AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN YANG SELAKU GURUNYA?!
AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN JUGA MEMILIKI KEKERAMATAN, DIMANA SETIAP BELIAU MELAKSANAKAN SHOLAT,MAKA TERASA OLEHNYA KENIKMATAN YANG TAK TERHINGGA BAHKAN MELAMPAU SEGALA KELAZATAN BADANI.
DALAM KITAB SABIIL AL MUHTADIN HAL 100-118 TERMAKTUB SELAWAT KARYA AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN RADHIYAALLAH 'ANHU YANG SANGAT PANJANG. SELAWAT TERSEBUT MEMILIKI MAKNA YANG TINGGI TENTANG TAUHID DAN MAKRIFAT, AKHLAK, PUJIAN DAN DOA DENGAN BAHASA YANG INDAH. KITAB SELAWAT TERSEBUT DIBERI NAMA "AL KAWAAKIBUL MUDHIIAH FI SH-SHALAATI' ALAA KHAIRIL BARIYYAH" YANG BERERTI BINTANG-BINTANG YANG BERCAHAYA (DALAM SELAWAT) ATAS SEBAIK-BAIK MAKHLUK (IAITU SAYYIDINA MUHAMMAD SAW). SELAWAT TERSEBUT BAGAIKAN CAHAYA BINTANG DILANGIT. DENGAN KITA MEMBACA SELAWAT DIMAKSUD MAKA INSYAALLAH AKAN MENDAPAT LIMPAHAN CAHAYA, RAHMAT, TAIFIQ DAN HIDAYAH DARI ALLAH SWT DAN SYAFA'ATNYA RASULULLAH MUHAMMAD SAW. SEHINGGA AKAN MENCAPAI DERAJAT YANG TINGGI DI DUNIA DAN AKHIRAT.
DALAM KITAB GHAYAH AL QASHD DIKUTIP PERNYATAAN SINGKAT AL-HABIB ABDULLAH AL-HADDAD KEPADA AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN RADHIYALLAH 'ANHUMA. DIMANA PADA SUATU KESEMPATAN AL-HABIB ABDULLAH BERKATA KEPADA AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN: "PERASAAN HATI KAMI SELALU BERSAMAMU, (DUHAI) ENGKAU AL-HINDUAN".AL-HABIB AHMAD AL-HINDUAN MENJAWAB: TAK ADA YANG DAPAT MENYENANGKAN DAN MEMPERBAIKI PERASAAN HATI KAMI SELAIN AL-HADDAD".
DALAM KITAB RAFU AL-ASTAAR TERTULIS PENGAKUAN LANGSUNG DARI PENGARANGNYA IAITU: AL-HABIB ABDURRAHMAN BIN ABDULLAH BIN AHMAD BA FAQIH. BAHWA AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN RA ADALAH PERIBADI YANG ALIM, TERSOHOR, DAN MEMAHAMI BERBAGAI BIDANG ILMU. AKU TELAH MEMBACA KITAB DIHADAPANNYA PADA BERBAGAI KESEMPATAN SECARA TEKUN DAN MENGAMBIL MANFAAT DARI DIRINYA. DAN AKU TELAH MEMAKAI KHIRQAH MULIA (PAKAIAN SIMBOL SUFI) DARI BELIAU BERULANG KALI. DAN BELIAU TELAH MEMBERI IJAZAH KEPADAKU BAIK SECARA KHUSUS ATAUPUN UMUM. DAN AKU MENEMANI AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN RA HINGGA BELIAU WAFAT DI TAHUN 1122H.
AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN RA WAFAT TANPA MENDERITA SUATU PENYAKIT, PADA MALAM JUMAAT TANGGAL 19 ATAU 20 SHAFAR TAHUN 1122H, DISEMADIKAN DI TARIM, HADHARAMAUT (YAMAN). DAN BELIAU MENINGGALKAN BANYAK ANAK, PUTERA DAN PUTERI.
SUMBER DARIPADA : AL-HABIB AL-SAYYID MURTADHA BIN MUHSIN AL-HINDUAN (SITUBONDO,JANUARI 2006,PENGHIMPUN)
0 Response to "MANAQIB AL HABIB AHMAD BIN 'UMAR BIN AHMAD AL HINDUAN"
Post a Comment