Al Habib Zein bin Abdullah Al Aidrus Nasab beliau
Nasab beliau bersandar pada silsilah dzahabiyyah, bersambung dari ayah
ke kakek, sampai akhirnya bertemu dengan kakek beliau yang termulia
Rasulullah SAW. Adapun perinciannya, beliau adalah:
Al-Habib Al-Allamah Zain bin Abdullah bin Alwi bin Umar bin Ahmad bin
Abdullah bin Muhammad bin Abdullah bin Ali bin Abdullah bin Ahmad
Ash-Shalaibiyyah bin Husin bin Abdullah bin Syaikh bin Abdullah
Al-Aidrus bin Abu Bakar As-Sakran bin Abdur Rahman As-Saggaf bin
Muhammad Maulad Dawilah bin Ali Shahib Ad-Dark bin Alwi bin Al-Faqih
Al-Muqaddam Muhammad bin Ali bin Muhammad Shahib Mirbath bin Ali Khali’
Qasam bin Alwi bin Muhammad bin Alwi bin Ubaidillah bin Al-Imam
Al-Muhajir Ahmad bin Isa bin Ali Al-’Uradhy bin Ja’far Ash-Shadiq bin
Muhammad Al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Husin, putri Sayyidah
Fatimah binti Rasulullah SAW. Kelahiran dan masa kecil beliau
Beliau dilahirkan di daerah As-Suweiry (dekat kota Tarim), Hadramaut,
pada tahun 1289 H. Ayah beliau Al-Habib Abdullah, berasal dari kota
Tarim, dan kemudian berhijrah ke kota As-Suweiry dengan beberapa teman
beliau atas perintah Al-Imam Al-Habib Thahir bin Husin Bin Thahir
Ba’alawy untuk mengawasi gencatan senjata antar kabilah yang terjadi di
kota tersebut. Beliau Al-Habib Zain tumbuh dalam suatu keluarga
yang penuh keutamaan, ilmu dan akhlak, mencontoh keluarga datuk beliau
Rasulullah SAW. Al-Habib Abdullah, ayah beliau, mencurahkan perhatian
yang lebih kepada beliau diantara saudara-saudaranya, karena selain
beliau adalah anak yang terakhir, juga beliau adalah anak yang
berperilaku yang mulia dan berhati bersih. Dan sungguh Al-Habib Abdullah
melihat dengan firasat tajamnya bahwa putra beliau yang satu ini akan
menjadi seorang yang mempunyai hal (keadaan) yang tinggi di suatu masa
mendatang. Beliau Al-Habib Zain tumbuh dewasa dan dicintai oleh
keluarganya dan masyarakat As-Suweiry. Beliau habiskan masa kecil
beliau dengan penuh kezuhudan dan ibadah. Beliau semenjak kecilnya gemar
sekali menjaga kewajiban shalat dan menunaikan shalat-shalat sunnah.
Suatu kegemaran yang jarang sekali dipunyai oleh anak-anak sebaya
beliau. Perjalanan hijrah beliau Pada tahun 1301 H,
beliau melakukan perjalanan hijrah ke Indonesia, disertai
saudara-saudaranya Alwi, Ahmad dan Ali. Pada saat itu beliau masih
berusia 12 tahun. Di Indonesia beliau bertemu dengan pamannya Al-Allamah
Al-Habib Muhammad bin Alwi Al-Aidrus yang sudah terlebih dahulu menetap
disana. Masa belajar beliau Sebelum beliau berhijrah
ke Indonesia, beliau banyak mengambil ilmu dari keluarganya, dan juga
dari para ulama di tempat asalnya Hadramaut, yang memang terkenal pada
saat itu dengan negeri yang penuh dengan ulama-ulama besar. Dari daerah
tersebut, beliau banyak mengambil berbagai macam ilmu-ilmu agama.
Setelah berada di Indonesia, beliau menuntut ilmu kepada pamannya
Al-Habib Muhammad. Setelah dirasakan cukup, beliau Al-Habib Zain dikirim
oleh pamannya untuk menuntut ilmu kepada salah seorang mufti terkenal
di Indonesia saat itu, yaitu Al-Habib Al-Faqih Al-Allamah Utsman bin
Abdullah Bin Yahya. Guru beliau Al-Habib Utsman Bin Yahya merupakan
salah seorang tokoh agama yang cukup mumpuni di bidang fiqih dan
ilmu-ilmu keislaman saat itu. Banyak diantara para murid Al-Habib Utsman
yang menjadi ulama-ulama besar, seperti Al-Habib Ali bin Abdur Rahman
Alhabsyi, Kwitang. Hiduplah beliau Al-Habib Zain dibawa didikan
gurunya Al-Habib Utsman Bin Yahya. Sebagaimana masa kecilnya, semangat
beliau seakan tak pupus untuk belajar dengan giat dan tekun. Banyak ilmu
yang diambil beliau dari gurunya, diantaranya adalah ilmu-ilmu bahasa
Arab, Fiqih, Fara’idh (ilmu waris), Ushul, Falak, dan sebagainya. Beliau
mengambil dari gurunya ilmu dan amal dan beliau banyak mendapatkan
ijazah dari gurunya tersebut. Masa dakwah beliau Pada
tahun 1322 H, berdirilah sebuah sekolah agama di kota Jakarta yang
dinamakan Jamiat Khair. Beberapa pengurus dari sekolah itu kemudian
datang kepada beliau untuk memintanya mengajar disana. Akhirnya
mengajarlah beliau disana dengan kesungguhan, tanpa lelah dan bosan.
Pada saat itu beliau merupakan salah seorang staf pengajar kurun waktu
pertama sekolah Jamiat Khair, suatu sekolah yang banyak menghasilkan
tokoh-tokoh agama dan pergerakan. Selang beberapa tahun
kemudian, beliau mendirikan sebuah sekolah kecil di jalan Gajah Mada,
Jakarta. Keberadaan sekolah itu disambut dengan gembira oleh masyarakat,
yang sangat butuh akan ilmu-ilmu agama. Akan tetapi sayangnya, tak
selang berapa lama, dengan kedatangan Jepang, sekolah tersebut ditutup
oleh penjajah Jepang. Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada
tahun 1326 H, beliau mendirikan majlis taklim di Masjid Al-Mubarak,
Krukut, Jakarta. Majlis taklim tersebut diadakan siang dan malam, dan
banyak dihadiri pria dan wanita. Sepeninggal pamannya Al-Habib Muhammad,
beliaulah yang menjadi khalifah-nya. Termasuk juga beliau menjadi imam
di Masjid tersebut, menggantikan posisi pamannya. Di masjid itu, beliau
mengajarkan ilmu-ilmu agama, diantaranya ilmu Tafsir, Fiqih, Akidah yang
lurus, dan ilmu-ilmu lainnya, dengan cara yang mudah dan sederhana.
Begitulah seterusnya beliau menjalankan aktivitasnya dalam berdakwah,
tanpa lelah dan bosan, selama 70 tahun. Suluk beliau
Sebagaimana thariqah yang dipegang oleh para Datuk beliau, beliau
bermadzhabkan kepada Al-Imam Asy-Sy-Syafi’i dan bersandarkan pada aqidah
Asy’ariyyah, salah satu aqidah didalam Ahlus Sunnah wal Jamaah. Itulah
yang beliau bawa sebagai pegangan hidup, meneruskan dari apa-apa yang
telah digariskan oleh datuk-datuk beliau para Salaf Bani Alawy. Sifat-sifat mulia beliau
Sedangkan mengenai sifat-sifat beliau, beliau adalah seorang memiliki
khasyah (rasa takut) kepada Allah, zuhud terhadap dunia, qana’ah dalam
menerima sesuatu, banyak membaca Al-Qur’an dan dzikir. Sebagaimana di
masa kecilnya, beliau selalu tekun melakukan shalat di Masjid Al-Mubarak
dan disana beliau selalu bertindak sebagai imam. Salah satu kebiasaan
yang sering beliau lakukan adalah beliau tidak keluar dari masjid
setelah menunaikan shalat Subuh, kecuali setelah datangnya waktu isyraq
(terbitnya matahari). Begitu juga dengan shalat-shalat sunnah yang
selalu beliau kerjakan. Hal ini berlangsung terus meskipun beliau sudah
memasuki masa tuanya. Wafat beliau Di akhir hayatnya,
majlis beliau adalah sebuah majlis ilmu yang penuh dengan kedamaian dan
ketenangan, majlis yang penuh akhlak dan adab, majlis yang penuh anwar
dan asrar, taman ilmu dan hikmah, penuh dengan dzikir dan doa. Sampai
akhirnya beliau dipanggil oleh Allah SWT untuk menghadap-Nya, dalam
usianya 110 tahun. Beliau wafat pada hari Sabtu, tanggal 24 Rabi’ul
Tsani 1399 H (24 Maret 1979 M), sekitar pukul 3 sore. Jasad beliau
disemayamkan di pekuburan Condet (depan Al-Hawi), Jakarta.
Derai tangis mengiringi kepergian beliau menuju Hadratillah. Al-Habib
Husin bin Abdur Rahman Assegaf melantunkan syair perpisahan dengan
beliau, yang diantara baitnya berbunyi: Keindahan ufuk itu telah hilang dan pancaran cahaya bintang itu telah pergi. Ia menerangi kami beberapa saat dan setelah habisnya malam, ia pun berlalu dan pergi. Itulah Al-Faqid Zain yang pernah menerangi zaman dan penunjuk hidayah. Sungguh beliau adalah pelita bagi ilmu agama dan Al-Qur’an, serta seorang imam, jarang ada yang menyamainya. Khalifah (penerus) bagi para pendahulunya, beliau berjalan pada atsar dan jejak langkah mereka.
Seorang ulama min ahlillah telah berpulang, akan tetapi ilmu dan
akhlaknya akan tetap terus terkenang, menjadi ibrah bagi orang-orang
yang mempunyai bashirah. Radhiyallahu anhu wa ardhah… Referensi 1. Jauharah An-Nufus As-Sayyid Al-Allamah Zain bin Abdullah Ash-Shalaibiyyah Al-Aidrus, As-Sayid Hasan bin Husin Assaggaf. 2. Tahqiq Syams Adh-Dhahirah, Al-Habib Muhammad Dhia Bin Syahab, juz. 2. 3. Harian Pos Kota, Senin, 26 Maret 1979. 4. Harian Sinar Harapan, Senin, 26 Maret 1979 |
0 Response to "Al Habib Zein bin Abdullah Al Aidrus-Condet Jakarta."
Post a Comment