KEMUDIAN DICERITAKAN SELURUH KEBAIKAN HABIB ABDUL QADIR OLEH HABIB
AHMAD BIN ALI ASSEGAF. LALU HABIB AHMAD MELANJUTKAN, “KESEMPATAN HABIB
ABDUL QADIR DATANG DI TEMPAT INI. LEBIH BAIK, JANGAN BIARKAN HABIB ABDUL
QADIR MENINGGALKAN KOTA INI. CARANYA, KAWINKAN DENGAN SALAH SATU PUTRI
HABIB. SUPAYA DIA BERDIAM DI SINI DAN KELAK MENERUSKAN ENGKAU, WAHAI
HABIB JAFAR.”
HABIB JAFAR TIDAK MENANGGAPI PERNYATAAN DARI PENDAMPING SETIANYA ITU DAN IA DIAM SAJA. SAMPAI HABIB ABDUL QADIR PAMITAN DAN SIAP BERANGKAT KE KOTA YANG LAIN. HABIB AHMAD BERTAMBAH BINGUNG, “KOK TIDAK DITAHAN SAMA SEKALI?”
SETELAH MELEPAS HABIB ABDUL QADIR MENERUSKAN PERJALANAN KE JAKARTA, HABIB AHMAD KEMBALI BERKATA KEPADA HABIB JAFAR, “SAYANG, KENAPA TIDAK DITAHAN TADI. COBA KALAU DIA MENJADI MENANTU HABIB, IA BISA MENERUSKAN ENGKAU, WAHAI HABIB JAFAR.”
MENDENGAR KECEMASAN DARI HABIB AHMAD, HABIB JAFAR MENJAWAB SAMBIL MENERAWANG KE DEPAN, ”TERBANGLAH KEMANA PUN ENGKAU SUKA, WAHAI BURUNG! TAPI INGAT, KENDALIMU ADA DI TANGAN SAYA. SEWAKTU–WAKTU SAYA TARIK DARI PASURUAN, IA AKAN KEMBALI KE KOTA INI. IA TIDAK AKAN TINGALKAN TEMPAT INI!”
ITULAH PERKATAAN DARI SEORANG WALIYYULAH, DAN KEYAKINAN DARI HABIB JAFAR INI AKHIRNYA TERBUKTI. WALAUPUN, HABIB ABDUL QADIR SEMPAT MENIKAH DI JAKARTA, NAMUN USIA PERKAWINAN ITU TIDAK BERLANGSUNG LAMA. HABIB ABDUL QADIR AKHIRNYA KEMBALI KE PASURUAN DAN MENIKAH DENGAN SALAH SATU PUTRI HABIB JAFAR YANG BERNAMA SYARIFAH RUGAYAH BINTI HABIB JAFAR SYEKHON ASSEGAF. DARI PERKAWINAN INI IA MEMPUNYAI 7 ANAK (3 PUTRA, 2 PUTRI).
IBADAHNYA
BERBICARA IBADAHNYA HABIB ABDUL QADIR SANGAT MENGAGUMKAN, SULIT DI JAMAN SEKARANG MENCARI SEORANG AHLI IBADAH SEPERTI BELIAU. DALAM SEBUAH RISALAH, SURAT YANG DITULIS DARI HABIB MUHAMMAD KEPADA HABIB AHMAD TENTANG IBADAH YANG PALING UTAMA DARI HABIB ABDUL QADIR DI BULAN SUCI RAMADAN. “HARI-HARI DI BULAN RAMADAN SELALU DIISI DENGAN IBADAH. DI SETIAP PERTENGAHAN MALAM IA BERTAHAJUD SAMPAI 45 RAKAAT SEBELUM FAJAR, SETELAH ITU IA BARU MELAKSANAKAN SAHUR DENGAN KELUARGA. SETELAH SHALAT SUBUH BERJAMAAH DI MASJID JAMI’ AL-ANWAR, IA BERZIARAH KE MAKAM HABIB JAFAR YANG TERLETAK PERSIS DI BARAT MASJID SAMPAI TERBIT MATAHARI.
DAN PULANG BERISTIRAHAT SEJENAK, DI PERTENGAHAN SHALAT DHUHA DAN TIDAK BERANJAK DARI MIHRABNYA SAMPAI DATANGNYA WAKTU SHALAT ZHUHUR. SETELAH ZHUHUR BERJAMAAH, BELIAU MEMBACA 2 JUZ DARI AL-QURAN DAN TERUS BERADA DI MIGHRAB SAMPAI ASHAR. DAN SETELAH WAKTU ASHAR SHALAT DI MASJID DAN RAUKHAH, MEMBACA KITAB DAN MENJELASKAN ISI KITABNYA, ADA ULAMA YANG MENTERJEMAHKAN KEPADA ORANG-ORANG YANG HADIR.
SETELAH ITU 20 MENIT MENJELANG BUKA, IA SELALU MENGAJAK PARA FAKIR DAN MISKIN UNTUK BERBUKA BERSAMA, SETELAH ITU BELIAU SHALAT MAGHRIB BERJAMAAH. SEKITAR 30 MENIT WAKTU SEBELUM SHALAT ISYA, BELIAU BARU MAKAN BERSAMA DENGAN KELUARGA SAMPAI DATANG WAKTU ISYA. SETELAH WAKTU ISYA, BELIAU KELUAR RUMAH DAN JAMAAH DIAJAK MEMBACA SURAT YASIN, RATIBUL HADDAD, RATIB ATTAS, SHALAT ISYA, SHALAT TARAWIH, SHALAT WITIR DAN DILANJUTKAN DENGAN SHALAT TASBIH. IBADAH-IBADAH RUTIN INI, DIAMALKAN SECARA ISTIQAMAH SELAMA BULAN RAMADHAN.
HABIB ABDUL QADIR DIKENAL ORANG SEBAGAI AHLI DZIKIR, MEMBACA QURAN, MAULID, QASIDAH AL MUTHORIAH. SAMPAI SEKARANG PEMBACAAN MAULID MASIH RUTIN DILAKSANAKAN DI KEDIAMAN BELIAU SETIAP JUM’AT SORE DIPIMPIN OLEH ANAKNYA HABIB TAUFIQ ASSEGAF. BAHKAN DALAM BERPERGIAN (SAFAR), BELIAU TIDAK KETINGGALAN WIRIDNYA. BAHKAN DALAM MEMBACA MAULID JIKA WAKTUNYA TIDAK SAMPAI, IA TETAP BERDIRI SEKALIPUN HARUS BERDIRI DI KENDARAAN SAAT MAHALUL QIYAM, WALAU BELIAU SUSAH PAYAH UNTUK MENGERJAKAN KEBIASAAN ITU.
AL HABIB ABDUL QODIR JUGA MENJAGA SHALAT JAMA’AH TIDAK PERNAH DITINGGALKAN, KALAU TIDAK MENDAPATKAN JAMAAH, BELIAU RELA MEMBAYAR ORANG-ORANG FAKIR UNTUK DIAJAK SHALAT JAMAAH, KARENA ITU ADALAH SUNNAHNYA RASULULLAH SAW. IA SANGAT MENJAGA SUNNAH-SUNNAH RASULULLAH SAW, HAMPIR-HAMPIR TIDAK ADA AMALAN SUNNAH YANG IA TINGALKAN. APA YANG MENJADI SUNNAH NABI, BELIAU SELALU BERUSAHA UNTUK MENGERJAKAN.
“KALAU MASUK MASJID DENGAN MENDAHULUKAN KAKI KANAN, KALAU LUPA SALAH MENDAHULUKAN KAKI KETIKA MASUK ATAU KELUAR MASJID, BELIAU TAK SEGAN-SEGAN AKAN MENGULANGINYA LAGI AGAR SAMA DENGAN SUNNAHNYA NABI MUHAMMAD SAW. DEMIKIAN JUGA DALAM BERSIWAK. SIWAK TIDAK PERNAH KETINGGALAN, BELIAU MEMPUNYAI SIWAK DI SETIAP TEMPAT, MULAI DI ATAS SAJADAH, ALMARI, KAMAR, KHAWATIR TIDAK BERSIWAK. DEMIKIAN MENJAGA SUNNAH NABI SAW, ” DEMIKIAN KATA HABIB ABU BAKAR BIN HASAN ASSEGAF MENANTU HABIB ABDUL QADIR.
TRADISI BERDZIKIR DIBAWA SAMPAI MENJELANG WAFAT PADA WAKTU BA’DA ASAR, 19 SYAWAL 1399 H. KOTA PASURAN BERDUKA DITINGGALKAN OLEH HABIB ABDUL QADIR BIN HUSIN ASSEGAF. DIAKHIR UMURNYA SEBELUM MENINGGALKAN DUNIA YANG FANA, KETIKA DETIK-DETIK TERAKHIR, SELANG BEBERAPA MENIT SEBELUM WAFAT, BELIAU SEMPAT MASUK KE KAMAR DAN MEMERINTAHKAN SALAH SATU KELUARGA MEMANGGIL HABIB AHMAD BIN ALI ASSEGAF UNTUK MASUK KE DALAM KAMAR .
DIBUKA SELURUH JENDELA DAN IA TERBARING DAN MEMBACA AYAT AL-QUR’AN YAKNI QS AT TAUBAH 128-129. KETIKA SAMPAI BACAAN LA ILLA HU…KETIKA ITULAH RUHNYA DICABUT OLEH ALAH SWT. INNALILLAHI WA INNA ILAHI RAJIUUN. SEPANJANG HIDUP PENUH KEBAIKAN, MENYAMBUT AJALPUN DENGAN CARA TERBAIK. TENTU KITA BOLEH MENGAGUMI BELIAU, NAMUN YANG TERPENTING ADALAH MENELADANI AMAL SHOLEH BELIAU.
HABIB JAFAR TIDAK MENANGGAPI PERNYATAAN DARI PENDAMPING SETIANYA ITU DAN IA DIAM SAJA. SAMPAI HABIB ABDUL QADIR PAMITAN DAN SIAP BERANGKAT KE KOTA YANG LAIN. HABIB AHMAD BERTAMBAH BINGUNG, “KOK TIDAK DITAHAN SAMA SEKALI?”
SETELAH MELEPAS HABIB ABDUL QADIR MENERUSKAN PERJALANAN KE JAKARTA, HABIB AHMAD KEMBALI BERKATA KEPADA HABIB JAFAR, “SAYANG, KENAPA TIDAK DITAHAN TADI. COBA KALAU DIA MENJADI MENANTU HABIB, IA BISA MENERUSKAN ENGKAU, WAHAI HABIB JAFAR.”
MENDENGAR KECEMASAN DARI HABIB AHMAD, HABIB JAFAR MENJAWAB SAMBIL MENERAWANG KE DEPAN, ”TERBANGLAH KEMANA PUN ENGKAU SUKA, WAHAI BURUNG! TAPI INGAT, KENDALIMU ADA DI TANGAN SAYA. SEWAKTU–WAKTU SAYA TARIK DARI PASURUAN, IA AKAN KEMBALI KE KOTA INI. IA TIDAK AKAN TINGALKAN TEMPAT INI!”
ITULAH PERKATAAN DARI SEORANG WALIYYULAH, DAN KEYAKINAN DARI HABIB JAFAR INI AKHIRNYA TERBUKTI. WALAUPUN, HABIB ABDUL QADIR SEMPAT MENIKAH DI JAKARTA, NAMUN USIA PERKAWINAN ITU TIDAK BERLANGSUNG LAMA. HABIB ABDUL QADIR AKHIRNYA KEMBALI KE PASURUAN DAN MENIKAH DENGAN SALAH SATU PUTRI HABIB JAFAR YANG BERNAMA SYARIFAH RUGAYAH BINTI HABIB JAFAR SYEKHON ASSEGAF. DARI PERKAWINAN INI IA MEMPUNYAI 7 ANAK (3 PUTRA, 2 PUTRI).
IBADAHNYA
BERBICARA IBADAHNYA HABIB ABDUL QADIR SANGAT MENGAGUMKAN, SULIT DI JAMAN SEKARANG MENCARI SEORANG AHLI IBADAH SEPERTI BELIAU. DALAM SEBUAH RISALAH, SURAT YANG DITULIS DARI HABIB MUHAMMAD KEPADA HABIB AHMAD TENTANG IBADAH YANG PALING UTAMA DARI HABIB ABDUL QADIR DI BULAN SUCI RAMADAN. “HARI-HARI DI BULAN RAMADAN SELALU DIISI DENGAN IBADAH. DI SETIAP PERTENGAHAN MALAM IA BERTAHAJUD SAMPAI 45 RAKAAT SEBELUM FAJAR, SETELAH ITU IA BARU MELAKSANAKAN SAHUR DENGAN KELUARGA. SETELAH SHALAT SUBUH BERJAMAAH DI MASJID JAMI’ AL-ANWAR, IA BERZIARAH KE MAKAM HABIB JAFAR YANG TERLETAK PERSIS DI BARAT MASJID SAMPAI TERBIT MATAHARI.
DAN PULANG BERISTIRAHAT SEJENAK, DI PERTENGAHAN SHALAT DHUHA DAN TIDAK BERANJAK DARI MIHRABNYA SAMPAI DATANGNYA WAKTU SHALAT ZHUHUR. SETELAH ZHUHUR BERJAMAAH, BELIAU MEMBACA 2 JUZ DARI AL-QURAN DAN TERUS BERADA DI MIGHRAB SAMPAI ASHAR. DAN SETELAH WAKTU ASHAR SHALAT DI MASJID DAN RAUKHAH, MEMBACA KITAB DAN MENJELASKAN ISI KITABNYA, ADA ULAMA YANG MENTERJEMAHKAN KEPADA ORANG-ORANG YANG HADIR.
SETELAH ITU 20 MENIT MENJELANG BUKA, IA SELALU MENGAJAK PARA FAKIR DAN MISKIN UNTUK BERBUKA BERSAMA, SETELAH ITU BELIAU SHALAT MAGHRIB BERJAMAAH. SEKITAR 30 MENIT WAKTU SEBELUM SHALAT ISYA, BELIAU BARU MAKAN BERSAMA DENGAN KELUARGA SAMPAI DATANG WAKTU ISYA. SETELAH WAKTU ISYA, BELIAU KELUAR RUMAH DAN JAMAAH DIAJAK MEMBACA SURAT YASIN, RATIBUL HADDAD, RATIB ATTAS, SHALAT ISYA, SHALAT TARAWIH, SHALAT WITIR DAN DILANJUTKAN DENGAN SHALAT TASBIH. IBADAH-IBADAH RUTIN INI, DIAMALKAN SECARA ISTIQAMAH SELAMA BULAN RAMADHAN.
HABIB ABDUL QADIR DIKENAL ORANG SEBAGAI AHLI DZIKIR, MEMBACA QURAN, MAULID, QASIDAH AL MUTHORIAH. SAMPAI SEKARANG PEMBACAAN MAULID MASIH RUTIN DILAKSANAKAN DI KEDIAMAN BELIAU SETIAP JUM’AT SORE DIPIMPIN OLEH ANAKNYA HABIB TAUFIQ ASSEGAF. BAHKAN DALAM BERPERGIAN (SAFAR), BELIAU TIDAK KETINGGALAN WIRIDNYA. BAHKAN DALAM MEMBACA MAULID JIKA WAKTUNYA TIDAK SAMPAI, IA TETAP BERDIRI SEKALIPUN HARUS BERDIRI DI KENDARAAN SAAT MAHALUL QIYAM, WALAU BELIAU SUSAH PAYAH UNTUK MENGERJAKAN KEBIASAAN ITU.
AL HABIB ABDUL QODIR JUGA MENJAGA SHALAT JAMA’AH TIDAK PERNAH DITINGGALKAN, KALAU TIDAK MENDAPATKAN JAMAAH, BELIAU RELA MEMBAYAR ORANG-ORANG FAKIR UNTUK DIAJAK SHALAT JAMAAH, KARENA ITU ADALAH SUNNAHNYA RASULULLAH SAW. IA SANGAT MENJAGA SUNNAH-SUNNAH RASULULLAH SAW, HAMPIR-HAMPIR TIDAK ADA AMALAN SUNNAH YANG IA TINGALKAN. APA YANG MENJADI SUNNAH NABI, BELIAU SELALU BERUSAHA UNTUK MENGERJAKAN.
“KALAU MASUK MASJID DENGAN MENDAHULUKAN KAKI KANAN, KALAU LUPA SALAH MENDAHULUKAN KAKI KETIKA MASUK ATAU KELUAR MASJID, BELIAU TAK SEGAN-SEGAN AKAN MENGULANGINYA LAGI AGAR SAMA DENGAN SUNNAHNYA NABI MUHAMMAD SAW. DEMIKIAN JUGA DALAM BERSIWAK. SIWAK TIDAK PERNAH KETINGGALAN, BELIAU MEMPUNYAI SIWAK DI SETIAP TEMPAT, MULAI DI ATAS SAJADAH, ALMARI, KAMAR, KHAWATIR TIDAK BERSIWAK. DEMIKIAN MENJAGA SUNNAH NABI SAW, ” DEMIKIAN KATA HABIB ABU BAKAR BIN HASAN ASSEGAF MENANTU HABIB ABDUL QADIR.
TRADISI BERDZIKIR DIBAWA SAMPAI MENJELANG WAFAT PADA WAKTU BA’DA ASAR, 19 SYAWAL 1399 H. KOTA PASURAN BERDUKA DITINGGALKAN OLEH HABIB ABDUL QADIR BIN HUSIN ASSEGAF. DIAKHIR UMURNYA SEBELUM MENINGGALKAN DUNIA YANG FANA, KETIKA DETIK-DETIK TERAKHIR, SELANG BEBERAPA MENIT SEBELUM WAFAT, BELIAU SEMPAT MASUK KE KAMAR DAN MEMERINTAHKAN SALAH SATU KELUARGA MEMANGGIL HABIB AHMAD BIN ALI ASSEGAF UNTUK MASUK KE DALAM KAMAR .
DIBUKA SELURUH JENDELA DAN IA TERBARING DAN MEMBACA AYAT AL-QUR’AN YAKNI QS AT TAUBAH 128-129. KETIKA SAMPAI BACAAN LA ILLA HU…KETIKA ITULAH RUHNYA DICABUT OLEH ALAH SWT. INNALILLAHI WA INNA ILAHI RAJIUUN. SEPANJANG HIDUP PENUH KEBAIKAN, MENYAMBUT AJALPUN DENGAN CARA TERBAIK. TENTU KITA BOLEH MENGAGUMI BELIAU, NAMUN YANG TERPENTING ADALAH MENELADANI AMAL SHOLEH BELIAU.
0 Response to "AL HABIB 'ABDUL QODIR BIN HUSEIN ASSEGAF-PASURUAN JATIM"
Post a Comment