AL ALLAMAH AL 'ARIF BILLAH AL QUTHUB AL HABIB AHMAD BIN 'UMAR BIN AHMAD AL HINDUAN    NASAB BELIAU:   
 HABIB AHMAD BIN UMAR BIN AHMAD BIN AQIL BIN MUHAMMAD BIN ABDULLAH BIN 
UMAR AL-HINDUAN BIN AHMAD BIN HASAN AL-WARAA' BIN ALI BIN MUHAMMAD 
MAULADDAWILLAH BIN ALI BIN ALWI AL-GHUYUR BIN MUHAMMAD AL-FAQIH 
AL-MUQADDAM BIN ALI BIN MUHAMMAD SHOHIB MIRBATH BIN ALI KHOLI' QOSAM BIN
 ALWI BIN MUHAMMAD SHOHIB SHUM'AH BIN 
ALWI BIN UBAIDILLAH BIN AHMAD AL-MUHAJIR BIN ISA AR-RUMI BIN MUHAMMAD 
A-NAQIB BIN ALI AL'URAIDHI BIN IMAM JA'FAR ASH-SHODIQ BIN IMAM MUHAMMAD 
AL-BAQIR BIN IMAM ALI ZAINAL ABIDIN BIN IMAM HUSSAIN BIN IMAM ALI BIN 
ABI THOLIB (BIN ASSAYYIDAH FATIMAH AZZAHRO) BINTI AR-ROSUL AL-A'DZHOM 
MUHAMMAD SAW. 
 
   ALLAMAH AL-HABIB AHMAD AL-HINDUAN MEMILIKI 
PERIBADI YANG MULIA, BERWAJAH LEMAH LEMBUT DAN BERFIKIRAN TAJAM. 
MEMILIKI BANYAK KEUTAMAAN,ALIM DAN MENGUASAI BERBAGAI BIDANG 
PENGETAHUAN.PENGARANG KITAB YANG SARAT DENGAN BERBAGAI MACAM ILMU.BELIAU
 TUMBUH BAIK DALAM ASUHAN AYAHNYA AL-HABIB AL-FAQIH UMAR BIN AHMAD BIN 
AQIL AL-HINDUAN. DISAMPING ITU BELIAU JUGA MEMPEROLEH ASUHAN DARI 
PAMAN-PAMANNYA DARI PIHAK IBUNYA, YANG JUGA MERUPAKAN ULAMA PADA MASA 
ITU SEPERTI: AL-HABIB AHMAD, AL-HABIB ABU BAKAR YANG MERUPAKAN 
PUTERA-PUTERA DARI AL-HABIB AL-FAQIH HUSAIN BA FAQIH RA. KEMUDIAN BELIAU
 JUGA MEMPEROLEH DIDIKAN DARI BEBERAPA ULAMA LAIN SEPERTI: AL-MU'ALLIM 
ABDULLAH BA JAM'AN SEBAGAI GURU DALAM BIDANG AL-QURAN. DAN BELIAU JUGA 
BELAJAR KEPADA AL-HABIB ABDURRAHMAN BIN ABDULLAH BA HARUN, AL-FAQIH 
MUHAMMAD BIN AHMAD BA JUBAIR, SYEIKH ABDULLAH BIN ABU BAKAR AL-KHOTIB 
DAN AS-SYARIF SAHL BIN AHMAD BA HASAN.    BELIAU MEMPUNYAI 
PERHATIAN DAN KEGEMARAN DALAM MENUNTUT ILMU DENGAN PENERIMAAN YANG BAIK,
 SENTIASA MELAZIMKAN KETAATAN DAN IBADAH DI SETIAP KESEMPATAN MANAKALA 
TIDAK ADA KESIBUKAN.    AL-QUTHB AL-GHAUTS AL-HABIB ABDULLAH BIN 
ALWI AL-HADDAD, PENGARANG RATIB AL-HADDAD MENUTURKAN TENTANG PENGALAMAN 
DIRINYA SELAMA BERSAMA DENGAN AL-HABIB AHMAD AL-HINDUAN. "DIANTARA KAMI 
DENGAN AL-HABIB AHMAD AL-HINDUAN TERDAPAT PERSAHABATAN SERTA KEDEKATAN 
YANG TAK TERPISAHKAN, KAMI SELALU DUDUK BERSAMA DALAM KERAMAHAN 
DIBERBAGAI KEGIATAN DIMASA BELAJAR KEPADA AL-FAQIH ABDURRAHMAN, 
AS-SAYYID SAHL DAN AL-FAQIH ABDULLAH AL-KHOTIB DI ZAWIYAH ALHAJIRAH."   
 BERKENAAN DENGAN KEPERIBADIAN AL-HABIB AHMAD AL-HINDUAN DIUNGKAPKAN 
OLEH AL-HABIB ABDULLAH AL-HADDAD IAITU: "AL-HABIB AHMAD AL-HINDUAN 
ADALAH SEORANG TOKOH YANG ALIM, WARA',MEMILIKI KETAJAMAN JIWA 
(MUKASYAFAH), LEMAH LEMBUT DAN ZUHUD. KAMI MENGAKUI KEUTAMAAN YANG 
DIMILIKINYA DAN BERHARAP DAPAT MEMILIKI SIFAT SEPERTI BELIAU."    
AL-HABIB AHMAD AL-HINDUAN MELAKUKAN PERJALANAN KE INDIA DAN BELIAU 
TINGGAL DISANA DALAM BEBERAPA WAKTU UNTUK MEMBANTU PAMAN DARI SAUDARA 
IBUNYA AL-HABIB ABU BAKAR.    KEMUDIAN BELIAU KEMBALI KE TARIM 
(YAMAN), DAN DARI TARIM BELIAU MELAKUKAN IBADAH HAJI SERTA BERZIARAH KE 
PUSARA KAKEKNYA BAGINDA RASULULLAH SAW. SEMENJAK ITU BELIAU KELUAR MASUK
 INDIA SEBANYAK 2 ATAU 3 KALI. NAMUN SETELAH PAMAN BELIAU (AL-HABIB ABU 
BAKAR) MENINGGAL DUNIA, BELIAU MENETAP DI TARIM, HINGGA BELIAU WAFAT DI 
SANA.    AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN MERAIH MUKASYAFAH PADA
 USIA 18 TAHUN. YAKNI MAMPU MENYAKSIKAN PERIHAL KEJIWAAN SESEORANG, 
APAKAH ORANG TERSEBUT DALAM KEADAAN SUCI ATAUKAH BERHADAS. KEMUDIAN 
BELIAU BERDOA KEPADA ALLAH AGAR MUKASYAFAH TERSEBUT DITUTUP, DIKERANAKAN
 BELIAU TIDAK MAHU MENATAP HAL-HAL YANG BERSIFAT DEMIKIAN.    
BELIAU JUGA MEMPEROLEH GELAR "QIBLAT AD-DUNYA" YANG BERERTI KIBLAT 
DUNIA. HAL INI MERUPAKAN GELAR PENGHORMATAN ATAS KEPAKARAN BELIAU DALAM 
DUNIA HUKUM ISLAM (FIQH), SEHINGGA TIDAK TERTANDINGI PADA ZAMANNYA. DAN 
BUKTI KEBERHASILAN BELIAU ADALAH MENCETAK KADER, DIMANA MURIDNYA YAKNI, 
AL-HABIB ABDURRAHMAN BIN ABDULLAH BA FAQIH YANG MERAIH GELAR "ALAMAT 
AD-DUN YA" YANG BERERTI TANDA DUNIA, YAKNI BELIAU MAMPU MENGETAHUI DARI 
BEKAS TELAPAK KAKI MUSAFIR DARI MANA DIA BERASAL DAN SIAPA GURUNYA, DAN 
APAKAH GURU SI MUSAFIR ITU MASIH HIDUP ATAUKAH SUDAH MENINGGAL. BAHKAH 
BELIAU DAPAT MEMBACA LETAK KA'ABAH DARI HEMBUSAN ANGIN. JIKA AL-HABIB 
ABDURRAHMAN BA FAQIH SEDEMIKIAN LUAR BIASA, MAKA BAGAIMANA LAGI DENGAN 
AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN YANG SELAKU GURUNYA?!    
AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN JUGA MEMILIKI KEKERAMATAN, DIMANA 
SETIAP BELIAU MELAKSANAKAN SHOLAT,MAKA TERASA OLEHNYA KENIKMATAN YANG 
TAK TERHINGGA BAHKAN MELAMPAU SEGALA KELAZATAN BADANI.    DALAM 
KITAB SABIIL AL MUHTADIN HAL 100-118 TERMAKTUB SELAWAT KARYA AL-HABIB 
AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN RADHIYAALLAH 'ANHU YANG SANGAT PANJANG. 
SELAWAT TERSEBUT MEMILIKI MAKNA YANG TINGGI TENTANG TAUHID DAN MAKRIFAT,
 AKHLAK, PUJIAN DAN DOA DENGAN BAHASA YANG INDAH. KITAB SELAWAT TERSEBUT
 DIBERI NAMA "AL KAWAAKIBUL MUDHIIAH FI SH-SHALAATI' ALAA KHAIRIL 
BARIYYAH" YANG BERERTI BINTANG-BINTANG YANG BERCAHAYA (DALAM SELAWAT) 
ATAS SEBAIK-BAIK MAKHLUK (IAITU SAYYIDINA MUHAMMAD SAW). SELAWAT 
TERSEBUT BAGAIKAN CAHAYA BINTANG DILANGIT. DENGAN KITA MEMBACA SELAWAT 
DIMAKSUD MAKA INSYAALLAH AKAN MENDAPAT LIMPAHAN CAHAYA, RAHMAT, TAIFIQ 
DAN HIDAYAH DARI ALLAH SWT DAN SYAFA'ATNYA RASULULLAH MUHAMMAD SAW. 
SEHINGGA AKAN MENCAPAI DERAJAT YANG TINGGI DI DUNIA DAN AKHIRAT.   
 DALAM KITAB GHAYAH AL QASHD DIKUTIP PERNYATAAN SINGKAT AL-HABIB 
ABDULLAH AL-HADDAD KEPADA AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN RADHIYALLAH
 'ANHUMA. DIMANA PADA SUATU KESEMPATAN AL-HABIB ABDULLAH BERKATA KEPADA 
AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN: "PERASAAN HATI KAMI SELALU 
BERSAMAMU, (DUHAI) ENGKAU AL-HINDUAN".AL-HABIB AHMAD AL-HINDUAN 
MENJAWAB: TAK ADA YANG DAPAT MENYENANGKAN DAN MEMPERBAIKI PERASAAN HATI 
KAMI SELAIN AL-HADDAD".    DALAM KITAB RAFU AL-ASTAAR TERTULIS 
PENGAKUAN LANGSUNG DARI PENGARANGNYA IAITU: AL-HABIB ABDURRAHMAN BIN 
ABDULLAH BIN AHMAD BA FAQIH. BAHWA AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN RA
 ADALAH PERIBADI YANG ALIM, TERSOHOR, DAN MEMAHAMI BERBAGAI BIDANG ILMU.
 AKU TELAH MEMBACA KITAB DIHADAPANNYA PADA BERBAGAI KESEMPATAN SECARA 
TEKUN DAN MENGAMBIL MANFAAT DARI DIRINYA. DAN AKU TELAH MEMAKAI KHIRQAH 
MULIA (PAKAIAN SIMBOL SUFI) DARI BELIAU BERULANG KALI. DAN BELIAU TELAH 
MEMBERI IJAZAH KEPADAKU BAIK SECARA KHUSUS ATAUPUN UMUM. DAN AKU 
MENEMANI AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN RA HINGGA BELIAU WAFAT DI 
TAHUN 1122H.    AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN RA WAFAT TANPA 
MENDERITA SUATU PENYAKIT, PADA MALAM JUMAAT TANGGAL 19 ATAU 20 SHAFAR 
TAHUN 1122H, DISEMADIKAN DI TARIM, HADHARAMAUT (YAMAN). DAN BELIAU 
MENINGGALKAN BANYAK ANAK, PUTERA DAN PUTERI.    SUMBER DARIPADA : AL-HABIB AL-SAYYID MURTADHA BIN MUHSIN AL-HINDUAN (SITUBONDO,JANUARI 2006,PENGHIMPUN) | 
0 Response to "MANAQIB AL HABIB AHMAD BIN 'UMAR BIN AHMAD AL HINDUAN"
Post a Comment