Al Habib Zein bin Abdullah Al Aidrus   Nasab beliau   
 Nasab beliau bersandar pada silsilah dzahabiyyah, bersambung dari ayah 
ke kakek, sampai akhirnya bertemu dengan kakek beliau yang termulia 
Rasulullah SAW. Adapun perinciannya, beliau adalah:   
 Al-Habib Al-Allamah Zain bin Abdullah bin Alwi bin Umar bin Ahmad bin 
Abdullah bin Muhammad bin Abdullah bin Ali bin Abdullah bin Ahmad 
Ash-Shalaibiyyah bin Husin bin Abdullah bin Syaikh bin Abdullah 
Al-Aidrus bin Abu Bakar As-Sakran bin Abdur Rahman As-Saggaf bin 
Muhammad Maulad Dawilah bin Ali Shahib Ad-Dark bin Alwi bin Al-Faqih 
Al-Muqaddam Muhammad bin Ali bin Muhammad Shahib Mirbath bin Ali Khali’ 
Qasam bin Alwi bin Muhammad bin Alwi bin Ubaidillah bin Al-Imam 
Al-Muhajir Ahmad bin Isa bin Ali Al-’Uradhy bin Ja’far Ash-Shadiq bin 
Muhammad Al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Husin, putri Sayyidah 
Fatimah binti Rasulullah SAW.    Kelahiran dan masa kecil beliau   
 Beliau dilahirkan di daerah As-Suweiry (dekat kota Tarim), Hadramaut, 
pada tahun 1289 H. Ayah beliau Al-Habib Abdullah, berasal dari kota 
Tarim, dan kemudian berhijrah ke kota As-Suweiry dengan beberapa teman 
beliau atas perintah Al-Imam Al-Habib Thahir bin Husin Bin Thahir 
Ba’alawy untuk mengawasi gencatan senjata antar kabilah yang terjadi di 
kota tersebut.    Beliau Al-Habib Zain tumbuh dalam suatu keluarga
 yang penuh keutamaan, ilmu dan akhlak, mencontoh keluarga datuk beliau 
Rasulullah SAW. Al-Habib Abdullah, ayah beliau, mencurahkan perhatian 
yang lebih kepada beliau diantara saudara-saudaranya, karena selain 
beliau adalah anak yang terakhir, juga beliau adalah anak yang 
berperilaku yang mulia dan berhati bersih. Dan sungguh Al-Habib Abdullah
 melihat dengan firasat tajamnya bahwa putra beliau yang satu ini akan 
menjadi seorang yang mempunyai hal (keadaan) yang tinggi di suatu masa 
mendatang.    Beliau Al-Habib Zain tumbuh dewasa dan dicintai oleh
 keluarganya dan masyarakat As-Suweiry. Beliau habiskan masa kecil 
beliau dengan penuh kezuhudan dan ibadah. Beliau semenjak kecilnya gemar
 sekali menjaga kewajiban shalat dan menunaikan shalat-shalat sunnah. 
Suatu kegemaran yang jarang sekali dipunyai oleh anak-anak sebaya 
beliau.    Perjalanan hijrah beliau    Pada tahun 1301 H, 
beliau melakukan perjalanan hijrah ke Indonesia, disertai 
saudara-saudaranya Alwi, Ahmad dan Ali. Pada saat itu beliau masih 
berusia 12 tahun. Di Indonesia beliau bertemu dengan pamannya Al-Allamah
 Al-Habib Muhammad bin Alwi Al-Aidrus yang sudah terlebih dahulu menetap
 disana.    Masa belajar beliau    Sebelum beliau berhijrah 
ke Indonesia, beliau banyak mengambil ilmu dari keluarganya, dan juga 
dari para ulama di tempat asalnya Hadramaut, yang memang terkenal pada 
saat itu dengan negeri yang penuh dengan ulama-ulama besar. Dari daerah 
tersebut, beliau banyak mengambil berbagai macam ilmu-ilmu agama.   
 Setelah berada di Indonesia, beliau menuntut ilmu kepada pamannya 
Al-Habib Muhammad. Setelah dirasakan cukup, beliau Al-Habib Zain dikirim
 oleh pamannya untuk menuntut ilmu kepada salah seorang mufti terkenal 
di Indonesia saat itu, yaitu Al-Habib Al-Faqih Al-Allamah Utsman bin 
Abdullah Bin Yahya. Guru beliau Al-Habib Utsman Bin Yahya merupakan 
salah seorang tokoh agama yang cukup mumpuni di bidang fiqih dan 
ilmu-ilmu keislaman saat itu. Banyak diantara para murid Al-Habib Utsman
 yang menjadi ulama-ulama besar, seperti Al-Habib Ali bin Abdur Rahman 
Alhabsyi, Kwitang.    Hiduplah beliau Al-Habib Zain dibawa didikan
 gurunya Al-Habib Utsman Bin Yahya. Sebagaimana masa kecilnya, semangat 
beliau seakan tak pupus untuk belajar dengan giat dan tekun. Banyak ilmu
 yang diambil beliau dari gurunya, diantaranya adalah ilmu-ilmu bahasa 
Arab, Fiqih, Fara’idh (ilmu waris), Ushul, Falak, dan sebagainya. Beliau
 mengambil dari gurunya ilmu dan amal dan beliau banyak mendapatkan 
ijazah dari gurunya tersebut.    Masa dakwah beliau    Pada 
tahun 1322 H, berdirilah sebuah sekolah agama di kota Jakarta yang 
dinamakan Jamiat Khair. Beberapa pengurus dari sekolah itu kemudian 
datang kepada beliau untuk memintanya mengajar disana. Akhirnya 
mengajarlah beliau disana dengan kesungguhan, tanpa lelah dan bosan. 
Pada saat itu beliau merupakan salah seorang staf pengajar kurun waktu 
pertama sekolah Jamiat Khair, suatu sekolah yang banyak menghasilkan 
tokoh-tokoh agama dan pergerakan.    Selang beberapa tahun 
kemudian, beliau mendirikan sebuah sekolah kecil di jalan Gajah Mada, 
Jakarta. Keberadaan sekolah itu disambut dengan gembira oleh masyarakat,
 yang sangat butuh akan ilmu-ilmu agama. Akan tetapi sayangnya, tak 
selang berapa lama, dengan kedatangan Jepang, sekolah tersebut ditutup 
oleh penjajah Jepang.    Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada 
tahun 1326 H, beliau mendirikan majlis taklim di Masjid Al-Mubarak, 
Krukut, Jakarta. Majlis taklim tersebut diadakan siang dan malam, dan 
banyak dihadiri pria dan wanita. Sepeninggal pamannya Al-Habib Muhammad,
 beliaulah yang menjadi khalifah-nya. Termasuk juga beliau menjadi imam 
di Masjid tersebut, menggantikan posisi pamannya. Di masjid itu, beliau 
mengajarkan ilmu-ilmu agama, diantaranya ilmu Tafsir, Fiqih, Akidah yang
 lurus, dan ilmu-ilmu lainnya, dengan cara yang mudah dan sederhana. 
Begitulah seterusnya beliau menjalankan aktivitasnya dalam berdakwah, 
tanpa lelah dan bosan, selama 70 tahun.    Suluk beliau    
Sebagaimana thariqah yang dipegang oleh para Datuk beliau, beliau 
bermadzhabkan kepada Al-Imam Asy-Sy-Syafi’i dan bersandarkan pada aqidah
 Asy’ariyyah, salah satu aqidah didalam Ahlus Sunnah wal Jamaah. Itulah 
yang beliau bawa sebagai pegangan hidup, meneruskan dari apa-apa yang 
telah digariskan oleh datuk-datuk beliau para Salaf Bani Alawy.    Sifat-sifat mulia beliau   
 Sedangkan mengenai sifat-sifat beliau, beliau adalah seorang memiliki 
khasyah (rasa takut) kepada Allah, zuhud terhadap dunia, qana’ah dalam 
menerima sesuatu, banyak membaca Al-Qur’an dan dzikir. Sebagaimana di 
masa kecilnya, beliau selalu tekun melakukan shalat di Masjid Al-Mubarak
 dan disana beliau selalu bertindak sebagai imam. Salah satu kebiasaan 
yang sering beliau lakukan adalah beliau tidak keluar dari masjid 
setelah menunaikan shalat Subuh, kecuali setelah datangnya waktu isyraq 
(terbitnya matahari). Begitu juga dengan shalat-shalat sunnah yang 
selalu beliau kerjakan. Hal ini berlangsung terus meskipun beliau sudah 
memasuki masa tuanya.    Wafat beliau    Di akhir hayatnya, 
majlis beliau adalah sebuah majlis ilmu yang penuh dengan kedamaian dan 
ketenangan, majlis yang penuh akhlak dan adab, majlis yang penuh anwar 
dan asrar, taman ilmu dan hikmah, penuh dengan dzikir dan doa. Sampai 
akhirnya beliau dipanggil oleh Allah SWT untuk menghadap-Nya, dalam 
usianya 110 tahun. Beliau wafat pada hari Sabtu, tanggal 24 Rabi’ul 
Tsani 1399 H (24 Maret 1979 M), sekitar pukul 3 sore. Jasad beliau 
disemayamkan di pekuburan Condet (depan Al-Hawi), Jakarta.    
Derai tangis mengiringi kepergian beliau menuju Hadratillah. Al-Habib 
Husin bin Abdur Rahman Assegaf melantunkan syair perpisahan dengan 
beliau, yang diantara baitnya berbunyi:    Keindahan ufuk itu telah hilang dan pancaran cahaya bintang itu telah pergi.    Ia menerangi kami beberapa saat dan setelah habisnya malam, ia pun berlalu dan pergi.    Itulah Al-Faqid Zain yang pernah menerangi zaman dan penunjuk hidayah.    Sungguh beliau adalah pelita bagi ilmu agama dan Al-Qur’an, serta seorang imam, jarang ada yang menyamainya.    Khalifah (penerus) bagi para pendahulunya, beliau berjalan pada atsar dan jejak langkah mereka.   
 Seorang ulama min ahlillah telah berpulang, akan tetapi ilmu dan 
akhlaknya akan tetap terus terkenang, menjadi ibrah bagi orang-orang 
yang mempunyai bashirah.    Radhiyallahu anhu wa ardhah…    Referensi    1. Jauharah An-Nufus As-Sayyid Al-Allamah Zain bin Abdullah Ash-Shalaibiyyah Al-Aidrus, As-Sayid Hasan bin Husin Assaggaf.  2. Tahqiq Syams Adh-Dhahirah, Al-Habib Muhammad Dhia Bin Syahab, juz. 2.  3. Harian Pos Kota, Senin, 26 Maret 1979.  4. Harian Sinar Harapan, Senin, 26 Maret 1979 | 
0 Response to "Al Habib Zein bin Abdullah Al Aidrus-Condet Jakarta."
Post a Comment