SHOHIBUL FADHILAH AS-SAYYID AL-HABIB AHMAD KAZIM BIN LUQMAN AL-KAFF GATHMYR    IBARAT BENGKEL, BANYAK MEMPERBAIKI MORAL   
 DAI YANG SATU INI BANYAK BERDAKWAH MEMPERBAIKI MORAL UMAT DI LAPISAN 
BAWAH. KEBANYAKAN MURIDNYA BERASAL DARI KALANGAN MARGINAL DAN 
TERPINGGIRKAN DI DAERAH JAKARTA PUSAT DAN SEKITARNYA.   
 TUGAS SEORANG PENDAKWAH MENURUTNYA BUKAN SEKEDAR DUDUK DI MASJID DAN 
MAJLIS, SEHINGGA BANYAK ORANG YANG DATANG. "KITA LAH YANG MENCARI, 
MEMPERBAIKI SESEORANG DARI TABIAT YANG JELEK MENJADI LEBIH BAIK."   
 BERPIJAK DARI FILOSOFI ITULAH, IA KEMUDIAN BANYAK TERJUN DI TENGAH 
MASYARAKAT, MASUK KE GANG-GANG TIKUS, KEPADA ORANG JALANAN DAN MENDEKATI
 ORANG-ORANG YANG BELUM TERSENTUH OLEH DAKWAH. MEMANG IA BANYAK MEMILIH 
SEGMENT DAKWAH ORANG-ORANG JALANAN, MULAI DARI PROFESI TUKANG COPET, 
PENCURI, PENGAMEN DAN ORANG-ORANG PINGGIRAN LAINNYA YANG JARANG 
DIPERHATIKAN OLEH KALANGAN DAI.    "KITA INI IBARAT BENGKEL, 
MEMPERBAIKI SESUATU YANG RUSAK MENJADI LEBIH BAIK. KALAU ORANG SUDAH 
BAIK, BUAT APA DIDAKWAHI, JUSTRU ORANG-ORANG YANG RUSAK ITULAH YANG 
PERLU BIMBINGAN DAN TUNTUNAN," KATA HABIB AHMAD KAZIM, PEMIMPIN MAJLIS 
TAKLIM AL-YUSRAIN, JAKARTA PUSAT INI KEPADA ALKISAH.    PENDIDIKAN
 DAI KELAHIRAN PALEMBANG, 5 MEI 1997 INI MEMANG TERBILANG UNIK, SEJAK 
MUDA IA SUDAH SENANG MENGEMBARA. SETELAH MENAMATKAN PENDIDIKAN DASAR DI 
PALEMBANG PADA TAHUN 1987. DEMIKIAN PUN PADA PENDIDIKAN MENENGAH PERTAMA
 IA TAMATKAN PADA MADRASAH DINIYAH DARUL MUTAQIEN PADA TAHUN 1990 MASIH 
DI KOTA KELAHIRANNYA, PALEMBANG.    SETELAH MENEMPUH PENDIDIKAN 
DASAR ITULAH, IA KEMUDIAN BERKELANA KE BERBAGAI DAERAH SEPERTI KE 
BANDUNG, JAKARTA TERMASUK KE BERBAGAI PELOSOK DAERAH DI KALIMANTAN. 
HINGGA SAMPAILAH IA KE JAKARTA DAN KEMUDIAN BERTEMU DENGAN KAKAK YAKNI 
HABIB RAFIQ BIN LUKMAN AL-KAFF. "SAYA TIDAK PERNAH BELAJAR KITAB KUNING,
 KEMUDIAN KETEMU DENGAN SANG KAKAK PADA KURUN TAHUN 1996-AN DAN SAYA 
MENGIKUTINYA DALAM BERDAKWAH," KATA BAPAK SATU PUTRI INI MENUTURKAN 
KISAHNYA.    SEJAK ITULAH, IA MULAI BELAJAR MEMBUKA KITAB DAN 
BERDAKWAH BERKAT KEBERKAHAN DARI SANG GURU PEMBUKA DAN SEKALIGUS 
PEMBIMBINGNYA, YAKNI HABIB RAFIQ BIN LUQMAN AL-KAFF. IA DENGAN SANG 
KAKAK BANYAK BELAJAR SEPERTI KITAB AL-ANWARUL MUHAMMADIYAH (KARYA 
AS-SYEKH YUSUF BIN ISMAIL AN-NABHANI), MAJMU KALAM HABIB ALI BIN 
MUHAMMAD AL-HABSYI, KITABUS SYIFA’, JAMI’ KARAMATUL AULIYA’, SAFINATUN 
NAJAH DAN LAIN-LAIN.    PADA TAHUN 1996-AN IA MENDIRIKAN SEBUAH 
MAJLIS TAKLIM DI SEKITAR CEMPAKA PUTIH (JAKARTA PUSAT) DAN AKHIRNYA 
DIBERI NAMA MAJLIS TAKLIM WAT TADZKIR AL-YUSRAIN. DIPILIH NAMA 
"AL-YUSRAIN", KARENA LATAR BELAKANG IA BERASAL, YAKNI NAMA SEBUAH 
KAMPUNG DI PALEMBANG YANG DIKERAMATKAN OLEH MASYARAKAT SETEMPAT, KARENA 
DI TEMPAT ITU ADA SEORANG AULIYA’ YANG BERNAMA HABIB ALWI BIN AHMAD 
AL-KAFF YUSRAIN.\    DALAM MENGGERAKAN DAKWAH IA MERASAKAN BANYAK 
TANTANGAN, SEPERTI FITNAH BAHKAN ANCAMAN FISIK. PERNAH SUATU WAKTU, IA 
DISIRAM KHAMR OLEH SEORANG PEMABUK DI JALANAN, TAPI IA TETAP DUDUK SAJA.
 "ALHAMDULILLAH, TIDAK SAMPAI TERJADI YANG TIDAK DIINGINKAN. TAPI DIA 
SEKARANG MALAH JADI MURID SAYA," KATANYA.    WALAUPUN TANTANGANNYA
 BERAT DALAM BERDAKWAH, IA MENGHADAPI SEMUA ITU DENGAN PENUH KETABAHAN 
DAN KESABARAN. MENURUTNYA, KALAU MAU BERDAKWAH HARUS SIAP LAHIR DAN 
BATHIN. "KARENA SAYA PERCAYA, KALAU MAU BERJUANG DI JALAN ALLAH PASTI 
AKAN DILINDUNGI-NYA. RASULULLAH SAW DALAM BERDAKWAH SAMPAI SAMPAI 
GIGINYA PATAH, BERDARAH-DARAH. MASA, KITA BARU DIANCAM DENGAN SIRAMAN 
KHAMR MUNDUR. SAYA TIDAK AKAN PERNAH MUNDUR DALAM BERDAKWAH, SEKALIPUN 
ANCAMAN DAN TANTANGAN DATANG BERTUBI-TUBI," TEGASNYA.    
KEPRIHATINANNYA SELAMA MENGASUH MAJLIS ADALAH, IA BANYAK MELIHAT JAMAAH 
IKUT RATIB DAN MAULID, TAPI JAMAAH KURANG DALAM MEMAHAMI KAIDAH DALAM 
BERIBADAH SECARA BENAR. "DALAM ARTI ILMU SYARIAT ISLAM MASIH BANYAK 
BELUM DIPELAJARI DENGAN BENAR, SEPERTI MENGENAL HUKUM-HUKUM ISLAM. MULAI
 DARI MANDI WAJIB, SAMPAI SHALAT DAN RUKUN-RUKUN YANG LAIN. BAHKAN, ADA 
SEORANG MURID YANG UMURNYA SUDAH 50 TAHUN BELUM TAHU CARANYA MANDI 
WAJIB," JELASNYA.    IA DENGAN PENUH KESABARAN KEMUDIAN MENGAJARI 
MURIDNYA ITU UNTUK CARANYA MANDI WAJIB, PADAHAL SYAHNYA SHALAT ITU KALAU
 SYARAT DAN RUKUN-RUKUNNYA JUGA TERPENUHI, TERMASUK MANDI WAJIB, CARA 
BERWUDHU SAMPAI SYARAT DAN RUKUN SHALAT YANG BENAR. MELIHAT TINGKAT 
PEMAHAMAN ANAK MURIDNYA YANG RATA-RATA MASIH MINIM ITULAH IA KEMUDIAN 
LEBIH BANYAK MEMBERIKAN PENDIDIKAN DASAR-DASAR IBADAH KEPADA JAMAAH.   
 UNTUK MASALAH DAKWAH JUGA, IA SANGAT PRIHATIN DENGAN BANYAK JAMAAH YANG
 CINTA KEPADA RASULULLAH SAW TAPI HANYA CINTA DI MULUT SAJA, TIDAK 
MENGIKUTINYA SECARA SUNGGUH-SUNGGUH. "CINTA KEPADA RASULULLAH, TAPI 
MEREKA TIDAK MENGENAL RASULULLAH SAW. MEREKA PENGIN DEKAT RASULULLAH 
SAW, TAPI MEREKA TIDAK TAHU CARA UNTUK MENDEKATI RASULULAH SAW SEPERTI 
APA. PADAHAL, HANYA DENGAN CARA MENGIKUTI JALAN YANG DIBAWA RASULULLAH 
SAW, AGAMA ISLAM INI BISA DIPAHAMI DENGAN BAIK DAN BENAR," KATANYA.    (DINUKIL DARI WAWANCARA MAJALAH ALKISAH) | 
0 Response to "AL-HABIB AHMAD KAZIM BIN LUQMAN AL-KAFF GATHMYR"
Post a Comment