Nasab :
Al-Imam Ubaidillah - Ahmad Al-Muhajir - Isa Ar-Rumi - Muhammad An-Naqib - Ali Al-’Uraidhi - Ja’far Ash-Shodiq - Muhammad Al-Baqir - Ali Zainal Abidin - Husain - Fatimah Az-Zahro - Muhammad SAW

Beliau adalah Al-Imam Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa bin Muhammad bin Ali Al-’Uraidhi bin Ja’far Ash-Shodiq, dan terus bersambung nasabnya hingga Rasulullah SAW. Beliau seorang imam yang agung dan dermawan, alim dan berakhlak mulia, penuh dengan sifat-sifat kebaikan dan kemuliaan.
Beliau juga seorang yang sangat tawadhu (rendah diri). Karena begitu tawadhunya, beliau tidak menamakan dirinya dengan nama Abdullah, akan tetapi di-tasghir1-kan menjadi Ubaidillah, semata-mata untuk mengagungkan Allah dan berendah diri di hadapan-Nya.
Beliau adalah seorang yang Allah memberikan keistimewaan sifat-sifat yang terpuji pada dirinya. Berkata AS-Sayyid Ali bin Abubakar as-Sakran mengenai diri beliau;
Ubaidullah, orang yang menjaga dirinya dalam agama, paling terkemuka dalam kedermawanan dan keagungan ilmunya.Datuk para keturunan mulia, sumber kedermawanan,dan lautan ilmu, itulah tuan kami yang mulia.
Beliau mengambil ilmu dari ayahnya. Selain itu, beliau juga mengambil ilmu dari para ulama di jamannya. Di kota Makkah, beliau berguru kepada Asy-Syeikh Abu Thalib Al-Makky. Dibawah asuhan gurunya, beliau berhasil menamatkan pelajaran dari kitab gurunya tersebut yang berjudul Quthul Al-Quluub.
Tampak pada diri beliau berbagai macam karomah yang dikaruniakan kepada dirinya. Beliau, Al-Imam Ubaidillah, jika meletakkan tangannya pada orang yang sakit, lalu beliau meniupnya dan mengusapkan di tubuhnya, maka sembuhlah si sakit itu.
Mengenai kedermawanannya, beliau jika menggiling kurma miliknya dan meletakkannya di tempat penggilingan, maka kurma-kurma itu semuanya beliau sedekahkan, meskipun jumlahnya banyak.
Imam Ubaidillah bin Ahmad mempunyai tiga orang anak, yaitu: 
- Alwi,
 - Jadid dan
 - Basri.
 
Salah satu keturunan dari Sayid Basri adalah al-Arifbillah Syaikh Salim bin Basri, meninggal di Tarim tahun 604 Hijriyah, dikuburkan sebelum maqam Alwi bin Muhammad al-Faqih al-Muqaddam. 
Di antara keturunan dari Sayid Jadid adalah al-Imam al-Muhaddits al-Faqih al-Hafidz Abi Jadid Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Muhammad bin Ali bin Jadid meninggal di Mekkah tahun 630 Hijriyah.
Keturunan Sayid Jadid dan sayid Basri terputus pada awal-awal kurun ke tujuh  hijriyah. Sedangkan Sayid Alwi, keturunannya tersebar di Hadramaut yang  sekarang dikenal dengan keluarga Abi Alawy dimana nama tersebut  dinisbahkan kepada nama kakeknya.
Beliau mewarisi sifat-sifat mulia dari ayahnya, baik itu di dalam kezuhudannya, ilmunya ataupun ibadahnya. Setelah ayahnya wafat, beliau pindah ke daerah Saml, dan memberikan tanah miliknya ke budaknya yang telah dimerdekakannya yang bernama Ja’far bin Mukhaddam. Tinggallah beliau di kota Saml. Beliau menikah dengan wanita dari daerah tersebut dan dilahirkannya salah seorang anaknya yang bernama Jadid. Sampai akhirnya beliau menutup mata untuk terakhir kalinya di kota tersebut pada tahun 383 H. 
Radhiyallohu anhu wa ardhah… 
================================
Syaikhul  Islam Ubaidillah bin Ahmad al-Muhajir bin Isa bin Muhammad bin Ali  al-Uraidhi Ja’far ash-Shodiq bin Muhammad al-Baqir bin Ali Zainal Abidin  bin Husein bin Ali bin Abi Thalib[1] dilahirkan di Basrah, dibesarkan dalam lingkungan para ahli ilmu. Dinamakan  Ubaidillah karena bentuk tasghir dari Abdullah dan beliau suka  dipanggil dengan nama tersebut. Beliau hijrah dari Iraq bersama ayahnya  ke kota Madinah kemudian ke Hadramut, bersama beliau ikut serta istri  dan anaknya yang paling besar bernama Basri yang mengikuti jejak ayahnya  dalam menyebarluaskan ilmu dan berda’wah ke jalan Allah swt. Guru beliau adalah ayahnya sendiri Imam Ahmad bin Isa. Pada tahun 317  hijriyah beliau mengadakan perjalanan ke Makkah dan sekaligus menunaikan  ibadah haji ke Baitullah. Imam Ubaidillah bin Ahmad bin Isa seorang  yang hafal hadits, para ulama banyak meriwayatkan hadits darinya. Beliau  juga merupakan ulama kenamaan di zamannya. Harta kekayaan beliau berupa  perkebunan yang subur dan luas. 
  Beliau  membeli tanah yang luas di Sumal dan Bait Jubair untuk membantunya  membiayai kegiatan dalam penyebaran ilmu dan infaq ke jalan Allah swt.  Beliau selalu menanamkan kepada anak-anaknya dengan pelajaran atas dasar  manhaj ahlu sunnah. Beliau wafat setelah kaidah-kaidah yang dipelopori  oleh ayahnya telah tumbuh subur. Beliau wafat di Sumal tahun 383  hijriyah. Di lain riwayat beliau dikuburkan di daerah Najdi dekat dengan  kota Boor.
Awal Sufi Di Hadramaut.
Pendiri  pertama madrasah bani Alawi yang hanya padanya manhaj Saadah Bani Alawi  melekat sebagaimana telah disebutkan ialah al-Imam al-Muhajir yang pada  saat itu beliau hidup di tengah-tengah zaman yang penuh fitnah, beliau  pula yang pertama kali menumbuhkan dasar-dasar manhaj tersebut. Setelah  beliau wafat, manhaj beliau diteruskan oleh anaknya Ubaidillah yang  hidup di zaman ayahnya dengan menyaksikan berbagai cara beramal dan  da’wah, beliau juga merupakan orang pertama yang mengambil ijazah ilmu  usul ahlu sunnah wal jamaah di Mekkah dan Madinah. Beliau pergi ke  Mekkah diutus oleh ayahnya, dimana hal tersebut merupakan saksi yang  agung akan kecintaan al-Imam al-Muhajir terhadap usaha mengembangkan  wawasan dengan mengambil pemikiran-pemikiran baru yang tercermin dalam  cara berpikir anak-anak dan cucunya sebelum manusia yang lain.  Ubaidillah bin Ahmad tidak saja cukup mempelajari ilmu usul dan hadits  di Makkah Mukarromah, bahkan beliau mempelajari ilmu tasawuf dan ilmu  akhlaq kenabian kepada guru besar ahlu sunnah a-Imam al-Allamah al-Syekh  Abu Thalib al-Makki yang wafat pada tahun 386 hijriyah, kepada gurunya  beliau membaca kitab Quut al-Qulub[2],  sebagaimana mempelajari ilmu fiqih beliau selalu diijazahkan dari  setiap periwayatan dan sanad. Dari sinilah menyambung sanad keluarga Abi  Alawi dan madrasah mereka kepada sanad ahlu sunnah.
Untuk  masalah ini para ahli sejarah menjelaskannya dalam biografi Ubaidillah  bin Ahmad, diantaranya : Ubaidillah bin Ahmad, beliau orang yang pertama  kali membawa ajaran tasawuf di Hadramaut, beliau kembali ke Hadramaut  pada zaman ayahnya masih hidup, dan ayahnya memberikan izin kepada  beliau untuk menyebarkan ilmu yang bermanfaat kepada manusia hingga  ayahnya wafat pada tahun 345 hijriyah. Maka kepemimpinan ayahnya  berpindah kepadanya. Beliau telah meletakkan tasawuf dalam mimbar ilmu  dan da’wah sebagaimana hal tersebut telah dilakukan oleh al-Imam  al-Muhajir, sehingga para ulama, ahli syair pada zamannya memuji akan  keutamaan ilmu dan kemuliaan serta kedermawanannya, beliau telah  berakhlaq seperti akhlaq kakeknya Rasulullah saw.
Dan  ketika ayahnya wafat di Husaisah pada tahun 345 hijriyah kekhilafahan  ilmu dan da’wah kembali kepadanya, dan masyarakat sangat mengharapkannya  di berbagai tempat, dan ini menunjukkan bahwa beliau banyak berda’wah  ke pelosok daerah, maka berangkatlah beliau ke desa Sumal dan  menghadiahkan semua tanah dan apa yang dimilikinya semua kepada maulanya  Ja’far bin Makhdam sebagaimana hal tersebut telah dilakukan oleh  ayahnya al-Muhajir, yang membeli perkebunan kurma ketika beliau tiba di  Hajrain Hadramaut, kemudian berpindah lagi ke daerah Bani Jusaib sebelum  akhirnya beliau menentap di Husaisah. Beliau menghadiahkan semua harta  dan perkebunannya kepada maulanya Suwaih yang termasuk maula yang  terdahulu ikut serta hijrah dari Iraq. Di Sumal dan di Bait Jubair  beliau mengusahakan sumber kehidupan untuknya dan untuk para pengikutnya  dengan membeli sebidang tanah pertanian dan perkebunan kurma.
Al-Imam  Ubaidillah bin Ahmad telah mendirikan kaidah-kaidah ilmu dan syariah  dan da’wah kejalan Allah swt berdasarkan manhaj berpikir yang telah  diterima bulat oleh para ulama ahlu sunnah di Hadramaut, dimana saat itu  terdapat ulama dari keluarga Abi Fadhol dan dari keluarga al-Khatib di  negeri Tarim, sebagaimana sama halnya dengan kaum Khawarij dan beberapa  ulama mereka yang mengambil hujjah serta keterangan-keterangan dari  uslub yang diajarkan oleh ayahnya dengan cara akhlaq yang mulia tanpa  mendahulukan rasa fanatik dan hawa nafsu, sehingga keadaan Hadramaut  berubah menjadi negeri ahlu sunnah dikarena beliau, begitu pula pada  zaman ayahnya.
Keturunan Imam Ubaidillah.
Silsilah  Saadah Bani Alawi al-Husaini yang menetap di Hadramaut sampai hari ini  dan yang telah menyebar ke penjuru alam semua bersumber kepada Sayid  Alwi bin Ubaidillah bin Ahmad al-Muhajir. Beliau merupakan satu-satunya  anak dari keturunan Ubaidillah bin Ahmad yang mempunyai keturunan yang  bersambung hingga hari ini. Imam Ubaidillah bin Ahmad mempunyai tiga  orang anak : Basri[3], Jadid dan Alwi.
Basri  dan Jadid mempunyai keturunan yang tinggal di Hadramaut dan terputus  pada awal tahun 700 hijriyah, hingga tidak ada lagi dari keturunannya  yang tercatat dalam silsilah dan biografi keluarga Alawi. 
Pengarang kitab Ghuror al-Bahau al-Dhowwiy menulis : Sesungguhnya keluarga Bani Jadid[4] terputus begitu pula keluarga dari Bani Basri, yang hidup paling akhir  dari keluarga Jadid ialah seorang wanita di Zubaid yang bernama Jadidah.  Alwi bin Ubaidillah mempunyai banyak keturunan yang tersebar di  Hadramaut, Yaman, Hijaz, Mesir, Kholij, Indonesia, Afrika Timur, India,  Sailan dan negeri lainnya. Dalam hal ini telah ditetapkan nisbah Saadah  Bani Alawi kepada asalnya yang diberkahi khususnya sesudah hijrahnya  al-Imam Ali bin Jadid ke negeri Iraq.
[1] Abubakar al-Adeni bin Ali al-Masyhur. Al-Imam Ubaidillah bin Ahmad al-Muhajir Wa Abnauh al-Tsalatsah, hal. 5.
[2] Sayid Alwi bin Thahhir al-Haddad membahas secara luas tentang masalah ini dalam kitabnya Itsmid al-Bashoir Fi Madzhab al-Imam al-Muhajir.
[3] Nama ‘Basri’ merupakan nisbah kepada kota Basrah tempat beliau  dilahirkan. Nama asli beliau ialah Ismail, datang ke Hadramaut bersama  pengikut ayah dan kakeknya pada tahun 318 hijriyah. Diantara keturunan  beliau ialah al-Imam Salim bin Basri yang wafat tahun 604 hijriyah di  Tarim. Beliau adalah seorang ulama ahli hadits dan ilmu ushul..
[4] Bani Jadid terkenal dengan beberapa ulama ahli haditsnya, diantaranya  Sayid Ali bin Muhammad bin Jadid. Beliau pergi menuntut ilmu ke Makkah  dan Madinah kemudian ke India, Iraq. Aden dan beberapa daerah di Yaman.
0 Response to "Imam Ubaidillah bin Ahmad al-Muhajir"
Post a Comment